fbpx

Build Item X.Borg Terbaik dan Tersakit 2020 Mobile Legends

Build Item X.Borg Terbaik dan Tersakit 2020 Mobile Legends

TeknoGeng.id | Games – X.Borg merupakan fighter yang sering menjadi langanan banned di Mobile Legends. Alasannya karena dia memiliki burst damage yang tinggi dan pertahanan yang sangat kuat. Oleh sebab itulah X.Borg Mobile Legends termasuk Fighter terbaik saat ini.

Burst damage yang diberikan oleh X.Borg ini bersifat area, sehingga bisa mengenai banyak musuh sekaligus. Dia juga sangat kuat untuk solo lane, sehingga bisa push lane dengan cukup efektif.

X.Borg Mobile Legends
X.Borg – MLBB

Pada artikel kali ini, TeknoGeng akan memberikan tutorial dan build item X.Borg Mobile Legends terbaik. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang ingin belajar hero Fighter terkuat ini. Yuk kita simak sama-sama ulasannya di bawah ini :

Build Item Terbaik X.Borg Mobile Legends

Menurut mimin, build item terbaik untuk X.Borg ini lebih berfokus pada Cooldown Reduction supaya dia bisa lebih sering spam skill. Selebihnya kita hanya perlu memaksimalkan item defense karena X.Borg harus kuat untuk menjalankan tugasnya sebagai offlaner.

Rekomendasi Build Item X.Borg – MLBB

Warrior Boots

Untuk sepatu mimin merokomendasikan Warrior Boots. Selain memberikan tambahan movement speed, item ini juga memberikan armor yang cukup tinggi. Sehingga X.Borg akan sangat kuat ketik teamfight.

Bloodlust Axe

Bloodlust Axe merupakan core item untuk X.Borg. Item ini akan membuat X.Borg lebih sering mengeluarkan skill karena memberikan cooldown reduction. Selain itu item ini juga memberikan spell vamp yang akan membuat X.Borg sangat kuat, baik itu ketika laning ataupun teamfight.

Queen’s Wings

Item ini akan membuat HP X.Borg semakin tebal karena memberikan HP yang sangat besar. Selain itu item ini juga memberikan cooldown reduction yang akan membuat X.Borg bisa lebih sering spam skill. X.Borg juga akan mendapatkan damage reduction ketika darahnya sekarat.

Athena’s Shield

Item ini berfungsi untuk melawan heroh-hero mage karena memberikan magic defense dan HP yang tinggi. Item ini juga memberikan shield yang akan benar-benar berguna untuk teamfight. Shield ini sangat berguna untuk menghindari one kombo kill dari musuh.

Immortality

Item ini sangat berguna untuk melawan hero-hero tipe physical seperti marksman dan fighter. Sebab item ini memberikan phyical defense yang cukup besar. Terlebih item ini juga akan membuat X.Borg immortal, dimaan dia bisa hidup kembali setelah mati.

Blade of Despair

Item ini bisa kalian gunakan jika ingin mendapatkan phsycial attack yang tinggi. Sebab item ini memberikan physical attack yang besar, apalagi jika menyerang hero lawan yang darahnya sekarat.

Hunter Strike

Jika kalian ingin mendapatkan tambahan cooldown reduction dan movement speed yang tinggi, sebaiknya gunakan Hunter Strike. Sebab item ini memberikan cooldown reduction dan movement speed ketika kalian memberikan damage sebanyak 5 kali.

Rekomendasi Emblem dan Battle Spell X.Borg

Mimin merekomendasikan Custom Fighter Emblem untuk X.Borg. Emblem ini akan membuat X.Borg sangat kuat, baik itu ketika laning ataupun teamfight. Dengan menggunakan talent Festival of Blood, X.Borg akan sangat sulit untuk dibunuh. Susunan talentnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah :

Rekomendasi Emblem dan Battle Spell X.Borg/MLBB

Untuk Battle spell, mimin menyarankan pakai Sprint atau Flicker. Kedua spell ini akan membantu X.Borg untuk mengejar musuh ataupun kabur karena dia sangat minim skill escape. Kalian juga bisa menggunakan Arrival jika ingin berpindah lane dengan cepat.

Flicker Mobile Legends
Flicker – MLBB

Penjelasan dan Kombo Skill X.Borg

Sama seperti hero lain, X.Borg juga memiliki 4 skill yang terdiri dari 3 skill aktif dan 1 skill pasif. Berikut ini adalah penjelasan skill beserta kombinasinya.

Skill Pasif: Firaga Armor

X.Borg memiliki 1 bar HP yang terbagi menjadi dua, yaitu HP normal dan HP Armor (Firaga Armor) yang berwarna kuning. Jika HP armor ini aktif, X.Borg akan memiliki serangan jarak dekat (ranged attack). Ketika HP armor habis, X.Borg akan berputar ke arah joystik kiri dan kebal terhadap semua jenis damage dalam waktu singkat.

Untuk mengisi kembali HP Armor, kita harus mengisi energinya terlebih dahulu. HP Armor yang pulih sebanyak 30% dari Maksimum HP X.Borg (HP hijau).

Untuk mengisi energi tersebut, kita harus memberikan damage pada target, baik itu creep maupun hero lawan. Jika mereka sudah memiliki temerutur yang tinggi, maka akan tercipta Firaga Supply. Nah, Firaga Supply ini kita ambil untuk mengisi energi, atau memulihkan HP Armor.

Skill 1: Fire Missiles

X.Borg akan menembakkan kobaran api ke arah yang kita tentukan dan memberikan Physical Damage selama 2 detik. Jika lawan sudah mendapatkan temperatur yang tinggi, maka mereka akan menerima true damage dan efek slow sebesar 30%.

Ketika HP Armor sedang tidak aktif, skill ini akan memiliki sudut tembak yang kecil, tapi jarak tembaknya jauh. Damage yng diberikan juga akan berkurang 60% dari damage asli ketika HP Armor aktif.

Skill 2: Fire Stake

X.Borg akan menembakkan 6 Fire Stake ke arah yang kita tentukan dengan indikator berbentuk kipas. 1.7 detik kemudian, Fire Stake tersebut akan kembali ke dalam tubuh X.Borg. Setiap Fire Stake akan memberikan physical damage. Jika Fire Stake mengenai Firaga Supply, maka akan membawanya kembali ke tubuh X.Borg.

Ketika HP Armor sedang tidak aktif, skill ini akan mengirimkan Fire Stack lebih jauh lgi, tapi jarak antar Fire Stake-nya menjadi lebih pendek.

Skill 3: Last Insanity

X.Borg akan melakukan charge ke arah yang kita tentukan dan menembakkan api di sekitarnya untuk memberikan Phyical damage dan menyebabkan efek slow sebesar 25%.

Jika dia mengenai lwan ketika sedang melakukan charge,dia akan berhenti dan menyebabkan efek slow kepada target yang ditambah 40%. Proses ini berlangsung selama 3 detik.

Setelah itu X.Borg akan meledakkan dirinya untuk memberikan physical damage dan 15% true damage dari maksimum HP target. Ledakkan ini akan membut HP Armor X.Borg hilang dan hanya akan membuatnya hanya bisa memberikan 50% damage di mode biasa. Kemudian skill ini tidak bisa digunakan lagi.

X.Borg akan bergerak kembali ke arah dari Joystik setelah dia meledakkan dirinya. Kita juga bisa langsung meledakkan diri untuk mengakhiri Flame Spray.

Kombo Skill

Untuk melakukan poke pada target, sebaiknya kalian gunakan kombinasi skill 2 dan 1. Tarik terlebih dahulu target dengan skill 1, lalu gunakan skill 1 supaya jaraknya menjadilebih dekat. Kombo ini bisa kalian gunakan untuk clear minion dengan cepat dimana kalian menarik semua minion ke satu titik.

Ketika HP lawan sudah sekarat, gunakan skill 3 untuk memberikan burst damage yang besar. Untuk finishing, gunakan kombo skill 2 dan satu kembali. Kira-kira kombo skill X.Borg seperti ini gengs.

Skill 2 > Skill 1 > Skill 3 > Skill 2 > Skill 1

Sebelum memulai kombo di atas, perhatikan juga energy yang kalian miliki. Usahkan energinya harus full supaya bisa lebih sering menggunakan skill 3. Kemudian perhatikan juga situasi dan kondisi, jangan sampai kalian terpancing untuk mengeluarkan skill 3 secara sembarangan. Jika sudah demikian, X.Borg akan sangat mudah untuk mati.

Kelebihan dan Kelemahan X.Borg

Sama seperti hero MOBA pada umumnya, X.Borg juga memilki kelebihan dan kelemahan yang harus kita ketahui sebelum menguasainya. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh X.Borg Mobile Legends.

Kelebihan X.Borg

Burst Damage AOE: dengan skill ketiganya, X.Borg bisa memberikan burst damage yang tinggi dan bersifat area. Bukan hanya damage yang besar, skill ini juga akan memberikan true damage. Skill ini sangat cocok digunakan untuk teamfight karena area skill ini sangat luas.

Durability sangat kuat: X.Borg memiliki pertahanan yang sangat kuat untuk perannya sebagai fighter. Dia memiliki HP yang sangat tebal dan sangat kuat ketika HP Armornya sedang aktif.

Regenerasi HP terus menerus: X.Borg bisa melakukan regenerasi HP secara terus menerus tanpa harus kembali ke base. Dengan hanya mengisi energinya, dia bisa kembali mengaktifkan HP Armor. Dengan demikian, X.Borg ini termasuk fighter yang sangat untuk dibunuh.

Tidak menggunakan mana: sebagai hero yang harus spam skill, tentu saja akan sangat menyebalkan jika menggunakan sistem mana. Tapi hal itu tidak berlaku untk X.Borg karena dia menggunakan sistem energi seperti Fanny dan Lesley.

Cukup Mudah Digunakan: X.Borg termasuk hero yang cukup mudah untuk digunakan karena memiliki mekanisme skill yang tidak rumit. Hanya saja kita harus benar-benar piawai dalam penggunaan skill ultimate supaya terhindar dari mati konyol.

Kelemahan X.Borg

Mobilitas rendah: untuk masalah mobilitas, X.Borg ini hampir mirip seperti Terizla. Keduanya memiliki pergerakan yang lamban. Sehingga akan cukup lama untuk roaming ataupun teamfight.

Sulit lock target: semua skill X.Borg bersifat area, sehingga sangat sulit untuk mengunci salah satu target. Dengan begitu, X.Borg kurang begitu efektif menangkap target hero lawan ketik teamfight, terutama hero carry musuh.

Minim skill CC: sebagai seorang fighter, X.Borg sangat minim dengan skill CC. Efek CC yang dia berikan hanya efek slow dan sedikit tarikan dengan skill keduanya.

Skill 3 bisa blunder: penggunaan skill 3 yang tidak tepat justru hanya akan menghasilkan blunder untuk tim. Bisa-bisa kita mati konyol ketika salah dalam menggunakan skill ini. Timing adalah faktor yang menentukan keberhasilan dari skill ini gengs.

Counter Terbaik X.Borg

X.Borg sangat lemah jika berhadapan dengan hero-hero yang punya burst damage sangat tinggi seperti Grange, Karrie, dan Lunox. Apalagi jika dikombinasikan dengan hero-hero CC seperti Chou dan Kaja.

Lawan Terbaik X.Borg

X.Borg sangat kuat berhadapan dengan semua tank dan fighter, bahkan di late game sekalipun. Dia juga sangat kuat berhadapan dengan hero-hero marksman di early hingga mid game.

Rekan Terbaik X.Borg

Hampir semua skill X.Borg bersifat area, terutama skill ketiganya. Terlebih dia juga sangat minim skill CC. Oleh sebab itu dia sangat bagus jika dikombinasikan dengan hero-hero yang punya CC bersifat area seperti Tigreal dan Minotaur.

Cara Bermain X.Borg

Early Game

Di awal permainan, X.Borg bisa melakukan solo lane dengan efektif. Bahkan dia bisa solo buff sekalipun jika memungkinkan. Tapi usahakan untuk solo lane di atas atau bawah dengan clear minion dengan kombo skill 1 dan 2.

Fokus utama kita di fase ini adalah mencapai level 4 secepat mungkin. Kemudian roaming ke tengah untuk membantu clear minion. Jika memungkinkan, kalian bisa cut minion lawan supaya bisa farming dengan lebih leluasa.

Mid Game

Di fase ini, kita harus bisa roaming dengan tepat. Sebab tugas seorang offlaner bukan hanya menjaga lane, tapi juga harus tahu roaming yang tepat. Usakan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk clear minion dan roaming.

Usahakan kalian sudah memiliki core item Bloodlust Axe sebelum ikut teamfight. Jika sudah memiliki item tersebut, X.Borg akan sangat sulit untuk dibunuh.

Late Game

Di fase ini, burst damage yang dihasilkan oleh skill 3 sudah sangat besar, bahkan bisa membunuh beberapa hero lawan secara sekaligus. Akan tetapi kalian jangan asal dash, kalian harus tetap memperhatikan situasi dan kondisinya. Jika sudah memungkinkan, kalian baru masuk ke dalam teamfight. Tunggu terlebih dahulu seorang tanker untuk melakukan inisiasi.

Itulah gengs pembahasan kali ini tentang tutorial dan build item X.Borg Mobile Legends. Selebihnya kalian bisa bereksperimen sendiri dan menyesuaikan dengan gameplay kalian masing-masing. Semoga bermanfaat dan happy gaming ^^

BACA JUGA:


1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.