fbpx About Us TeknoGeng

Build Item Grock Terkuat dan Terbaik 2020 Mobile Legends

Build Item Grock Terkuat dan Terbaik 2020 Mobile Legends

TeknoGeng.id | Games – Grock Mobile Legends yang diciptaan oleh Moonton yang memiliki kemampuan bisa menciptkan tembok. Dia merupakan hero tank yang memiliki penampilan seperti batu. Karena itulah Grock memiliki durability yang sangat tinggi dan membuatnya sangat sulit untk dibunuh.

Grock termasuk tank terkuat Mobile Legends dalam beberapa seasen terakhir ini. Dia menjadi hero yang paling efektif untuk selalu berada di barisan paling depan. Dia punya durability yang tinggi dan damage yang besar.

Nah pada artikel kali ini TeknoGeng akan memberikan tutorial dan juga rekomendasi build item untuk Grock Mobile Legends. Untuk itu, yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Build Item Grock

Build item Grock yang menurut kami paling cocok adalah lebih fokus kepada defense. Tapi tak salah juga jika kalian ingin menggunakan beberapa item attack untuk memaksimalkan damage dari skill satunya. Berikut ini adalah build item Grock Mobile Legends versi TeknoGeng.

Build Item Grock Mobile Legends
Rekomendasi build item Grock

Rapid Boots

Untuk sepatu sebenarnya bebas gengs. Tapi kami lebih menyarankan untuk mengunakan Rapid Boots supaya movement speed Grock semakin maksimal. Menggunakan skill 1 di dekat tembok atau turret akan membuat movement speed Grock menjadi lebih besar, apalagi jika menggunakan Rapid Boots. Dengan item ini Grock juga akan lebih cepat untuk roaming.

Oracle

Item ini berfungsi untuk memaksimalkan skill pasif dari Grock. Item Oracle ini akan meningkatkan shield dan HP Regen sebesar 25%. Dengan begitu, regen HP Grock ketika berada di dekat tembok atau turret akan meningkat.

Selain itu, Oracle juga akan meningkatkan 850 HP dan 42 Magic Defense yang akan membuat Grock semakin tanky. Tambahan 10% cooldown reduction-nya juga akan membuat Grock akan lebih sering spam skill, terutama skill ultimate-nya.

Immortality

Item ini akan membuat Grock seperti memiliki dua nyawa gengs. Sebab setelah mati, dua detik kemudian dia akan kembali hidup dengan HP dan shield yang cukup membantu dirinya untuk kabur ataupun melakukan counter attack. Item ini juga akan memberikan tambahan 800 HP yang akan membuat Grock semakin tebal. Tambahan armornya juga akan membuatnya bisa menjadi lebih kuat ketika berhadapan dengan hero-hero physical di late game.

Queen’s Wings

Item ini berfungsi untuk damage reduction. Grock akan mendapatkan 50% damage reduction ketika darahnya di bawah 40%. Dengan begitu, semakin sekarat malah akan membuat Grock semakin barbar. Tapi cooldown dari pasif ini sangat lama, jadi tidak bisa digunakan di sepanjang waktu.

Queen’s Wings juga akan meningkatkan physical attack yang akan membuat damage dari Grock menjadi lebih besar. HP Grock juga akan semakin tebal karena item ini memberikan 1000 HP. Tambahan cooldown reductionnya juga akan membuat Grock bisa lebih sering spam skill.

Antique Cuirass

Item ini berfungsi untuk mengruangi physical dan magic attack lawan hingga 18%. Item ini sangat bagus digunakan untuk melawan hero-hero physical ataupun magical. Item ini juga akan memberikan tambahan HP dan physical defense yang akan membuat Grock semakin barbar.

Dominance Ice

Item ini sangat cocok digunakan ketika melawan hero-hero yang memiliki attack speed tinggi seperti marksman dan fighter. Sebab attack speed mereka akan berkurang 30% ketika berada dekat dengan pengguna item ini. Selain itu, movement speed-nya juga akan berkurang 10%.

Tambahan armor dari item ini juga tinggi, meskipun tidak setinggi Blade Armor. Dengan begitu sangat bagus untuk melawan hero-hero physical. Selain itu, item ini juga akan mengurangi critical chance reduction yang akan membuat lawan akan lebih jarang mengeluarkan critical damage.

Sky Guardian Helmet

Item ini akan membuat HP Grock semakin tebal karena ditambah 1550 HP. Kemudian regen HP dari item ini sangat tinggi, sehingga Grock tidak perlu kembali ke base untuk mengisi HP. Kombinasi Oracle dan Sky Guardian Helmet dan pasif Grock akan membuatnya memiliki regen HP sangat tinggi.

Athena’s Shield

Selain Oracle, kalian juga bisa menggunakan Athena’s Shield yang memiliki magical lifesteal paling tinggi diantara item lainnya. Pasif dari item ini sangat berguna karena akan memberikan shield yang bisa menyerap damage. Semakin lama bermain, shield akan semakin tebal. Shield akan muncul setiap 30 detik.

Bloodlust Axe

Jika kalian ingin bermain sedikit lebih agresif, kalian bisa menggunakan item Bloodlust Axe. Item ini akan membuat Grock jarang balik ke base karena memberikan tambahan spell vamp. Menggunakan skill 1 ke lawan atau minion akan membuat HP Grock kembali terisi.

Tips build item: build item yang paling ideal adalah build baris kedua. Jika ingin bermain lebih agresif dan memiliki attack yang tinggi gunaan build item baris pertama. Jika ingin bermain lebih agresif dengan cara dive ke turret, gunakan build baris ketiga. Tapi semuanya kembali lagi kepada preferensi kalian masing-masing.

Baca juga: Build Item Terbaru & Tutorial Baxia Mobile Legends

Rekomendasi Emblem dan Battle Spell

Untuk emblem kalian bisa menggunakan Custom Tank Emblem. Akan tetapi kelemahan dari emblem ini yaitu kalian akan keborosan mana. Sebagai alternatifnya kalian bisa menggunakan Custom Support Emblem. Tapi durability kalian akan menjadi berkurang. Susunan talentnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah.

Emblem Grock Mobile Legends
Custom Support Emblem
Emblem Grock
Custom Tank Emlem

Untuk battle spell kalian bebas memilih. Kalian bisa menggunakan Aegis, Flicker ataupun Execute. Tapi penulis lebih sering menggunakan Execute karena sangat bagus untuk finishing.

Analisis dan Kombo Skill Grock

Sama seperti hero pada umumnya, Grock Mobile Legends juga memiliki 4 skill yang terdiri dari 3 skill aktif dan 1 skill pasif. Berikut ini adalah penjelasan skill beserta kombonya.

Skill Pasif: Ancenstral Gift

Movement speed Grock akan meningkat 10% ketika berada di dekat tembok atau turret. Physical dan Magic defense serta regen HP-nya juga akan meningkat. Jadi, usahakan untuk selalu nempel di tembok atau turret ketika menggunakan Grock gengs.

Skill 1: Power of Nature

Grock akan mengangkat senjatanya untuk melakukan Sweep kepada lawan terdekatnya, memberikan physical damage dan menyebabkan efek slow sebesar 40% selama 2 detik. Semkin lam kalian menekan skill ini hingga maksimum, damage yang diberikan juga akan meningkat.

Jika Grock menggunakan skill 1 di dekat tembok atau turret, dia akan kebal terhadp semua efek crowd control. Inilah yang membuat Grock menjadi salah satu tank terbaik Mobile Legends geng.

Skill 2: Guardian’s Barrier

Grock akan mengeluarkan gelombang kejut ke lokasi yang kita tentukan dan akan memberikan physical damage. Gelombang kejut tersebut kemudian akan berubah menjadi dinding yang akan bertahan selama 5 detik.

Skill 3: Wild Charge

Grock akan melakukan charge ke arah yang kita tentukan dengan memberikan physical damage kepada lawan di jalurnya. Jika berhasil menyeruduk turret atau tembok, damage-nya akan meningkat dan cooldown dari skill ini akan berkurang 30%. Damage skill ini di early game sangat besar besar gengs, sehingga cukup untuk memukul mundur musuh untuk kembali ke base.

Kombo Skill Grock

Grock bukanlah hero yang sangat tergantung pada kombo skill ya gengs. Yang paling penting, usahakan untuk menggunakan skill 1 di dekat turret supaya bisa kebal terhadap semua efek CC. Skill 1 ini juga memiliki damage yang besar, sehingga sangat bagus untuk membantu hero carry untuk farming ataupun clear minion.

Usahakan untuk menggunakan skill 3 mengenai tembok supaya damage-nya sangat besar dan cooldown-nya berkurang. Kalian bisa membuat tembok dengan skill 2 jika memang targetnya berada jauh di dekat tembok atau turret. Kira-kira kombo Grock seperti in gengs: Skill 1 (poke) > Skill 2 > Skill 3 atau Skill 2 > Skill 3 > Skill 1 (finishing).

Baca juga: Build Item Terbaru & Tutorial Masha Mobile Legends

Kelebihan dan Kelemahan Grock

Sama seperti hero MOBA lainnya, Grock Mobile Legends juga memiliki dan kelebihan yang harus kita ketahui jika ingin menguasainya. Mengetahui kelebihan akan membuat kita bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh hero tersebut. Sementara mengetahui kelemahannya akan membuat kita bisa bermain hati-hati. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh Grock.

Grock Castle Guard
Grock Castle Guard Skin

Kelebihan Grock

Damage sangat besar: damage dari skill 1 Grock benar-benar besar, terutama di early game. Skill ultimate-nya juga akan menghasilkan damage yang mengerikan jika berhasil menyeruduk musuh di dekat tembo. Kedua skill ini cukup untuk memukul mundur musuh untuk kembali ke base di early game. Bahkan untuk hero-hero lembek sepeti assassin, mage, dan marksman bisa langsung mati gengs.

Punya skill immune: menggunakan skill 1 di dekat tembok atau turret juga akan membuat Grock bisa immune terhadap semua jenis CC. Kemampuan inilh yang membuat Grock termasuk salah salah satu tank terbaik Mobile Legends di season 14.

Tank sangat keras: semua tank tentu memiliki HP, armor, dan magic defense yang tinggi. Tapi durability Grock akan semakin tinggi lagi ketika dirinya berada di dekat tembok. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu berada di dekat tembok ketika teamfight supaya Grock semakin tanky.

Mobilitas tinggi: berkat kombinasi skill 1 dan pasifnya, Grock bisa melakukan roaming dengan sangat cepat. Sebab movement speed-nya juga akan meningkat 10% ketika dia berjalan di dekat tembok.

Bisa isolasi musuh: Grock juga memiliki kemampuan yang bisa mengisolasi salah satu musuh ketika teamfight, terutama hero carry. Skill keduanya bisa kita manfaatkan untuk mecegat musuh yang ingin kabur. Akan sangat efektif jika dikombinasikan dengan skill ultimate-nya.

Kelemahan Grock

Sangat boros mana: penggunaan skill 1 hingga maksimal akan membuat mana Grock terkuras habis. Sementara skill harus kita spam di sepanjang permainan, termasuk early game. Hal ini tentu saja akan membaut kewalahan. Masalah ini bisa kita atasi dengan menggunakan emblem support, tapi durability Grock akan berkurang.

Skill 2 bisa blunder: Grock bisa menjadi hero yang menimbulkan malapetakan bagi tim jika digunakan oleh player pemula. Misalnya ketika kita menggunakan skill 2 yang niatnya untuk nyelamatin tim kita, yang ada malah membuat mereka terkena ganking. Oleh sebab itulah skill ini jangan digunakan Auto Aim, kita harus mengarahkannya supaya tidak berujung blunder.

Counter terbaik Grock

Grock sangat lemah pada hero-hero yang memiliki physical dan magical penetration yang tinggi. Diantaranya adalah Karrie, Lunox dan Dyrroth. Di late game, Grock juga harus hati-hati jika berhadapan dengan marksman dan fighter.

Lawan terbaik Grock

Grock sangat kuat berhadapan dengan hero-hero lembek seperti marksman dan mage di early game. Apalagi jika melawan hero yang tidak memiliki skill kabur seperti Layla, Eudora, dan Irithel.

Rekan terbaik Grock

Grock sangat bagus digkombinasikan dengan hampir semua hero. Akan tetapi akan lebih bagus jika dikombinasikan dengan Fanny, Ling, Moskov dan Badang. Sebab semua hero tersebut memanfaatkan dinding untuk mengeluarkan skillnya.

Baca juga: Build Item Terbaik & Tutorial Lengkap Freya Mobile Legends

Cara Bermain Grock

Early game: di awal permainan ambil skill 1 terlebih dahulu dan bantu teman kalian untuk clear minion. Akan tetapi berikan last hit kepada hero carry kita. Gunakan skill 1 dari dalam rumput untuk memberikan serangan kejutan dan arahkan kepada marksman atau mage musuh. Kemudian bantuk ambil buff dan kelomang.

Mid game: di fase ini Grock harus selalu roaming dari satu lane ke lane yang lainnya. Jangan lupa juga untuk open map untuk mengetahui keberadaan musuh. Tugas yang paling penting adalah melindungi hero carry supaya tidak sering mati.

Late game: tugas kalian di fase ini adalah menjaga hero carry tim atau menekan hero carry tim musuh supaya tidak memberikan damage pada hero carry tim kalian. Gunakan kombinasi skil 1 dan pasif supaya bisa immune terhadap CC dan lebih tanky.

Spam skill 1: skill utama Grock adalah skill 1 karena bisa memberikan damage yang sangat besar. Ketika ingin menyerang, tekan skill ini dari dalam rumput kemudian lepaskan kepada hero carry tim musuh atau pada target yang memiliki darah tipis.

Selalu nempel di turret dan dinding: ketika akan memulai teamfight, usahakan untuk memancing tim musuh ke dekat tembok supaya Grock menjadi sangat sulit untuk dibunuh. Gunakan skill 1 di dekat tembok supaya bisa immune terhadap semua jenis CC.

Penutup

Itulah build item dan tutorial lengkap Grock Mobile Legends versi TeknoGeng. Kalian jangan terpaku pada build ataupun cara di atas. Selebihnya kalian harus menyesuaikan dengan gameplay kalian masing-masing. Selamat mencoba dan jangan lupa istirahat ya gengs ^^


Leave a Reply

Your email address will not be published.