fbpx About Us TeknoGeng

Cara Mematikan Auto Download Whatsapp agar Tak Boros Memori

Cara Mematikan Auto Download Whatsapp agar Tak Boros Memori

TeknoGeng.id | Tips & Trik – Whatsapp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang sangat populer di dunia, khususnya di Indonesia aplikasi Whatsapp tercatat telah digunakan oleh 83% pengguna dari seluruh pengguna media sosial aktif Indonesia. Terbanyak kedua setelah media sosial Youtube yang menempati posisi pertama dengan persentase sebanyak 88%. Berikut data dari perusahaan We Are Social tentang aplikasi media sosial aktif terbanyak di Indonesia sampai Januari 2019 yang TeknoGeng ketahui dari inet.detik.com. Data ini terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna internet di tanah Air kita ini.

Terus meningkatnya jumlah pengguna aplikasi Whatsapp dikarenakan fitur-fiturnya yang lengkap dan interfacenya yang mudah untuk dipahami meski oleh orang yang baru mengunduhnya sekalipun, baik pengguna iPhone ataupun Android pasti akan langsung mengerti dalam mengoprasikannya. Berikirim-kirim foto, video,dokumen atau berbagi lokasi dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi ini.

Namun terdapat satu buah fitur yang membuat pengguna kadang merasa kesal terhadap aplikasi Whatsapp yakni fitur download  otomatis yang aktif secara default yang akan mengunduh file foto ataupun vidio secara otomatis saat jaringan data atau jaringan wifi pada handphone sedang aktif. Khususnya file foto dan vidio singkat yang dikirim oleh teman grup yang tiba-tiba membuat memori hanhpone sudah penuh saja, dan hal ini tentu akan sangat menggangu terutama buat pengguna yang handphonenya memiliki penyimpanan yang sedikit.

Nah pada artikel kali ini TeknoGeng akan memberikan tutorial bagaimana cara mematikan fitur otomatis download file foto, audio, video dan dokumen pada aplikasi Whatsapp supaya memori handpone kamu tidak penuh secara tiba-tiba oleh file-file dari Whatsapp. Tanpa berlama-lama silahkan langsung saja digeser kebawah pelan-pelan.

  • Pertama masuk ke aplikasi Whatsapp kamu.
  • kemudian klik icon titik 3 yang ada dipojok kanan atas.
  • akan muncul beberapa pilihan, silahkan klik setelan/setting jika kamu menggunakan bahasa inggris. Seperti gambara dibawah ini.
  • Lalu pilih menu Data dan penyimpanan
  • Setelah masuk kedalam menu data dan penyimpanan akan terdapat dua menu untuk menonaktifkan otomatis download. Pertama menu saat menggunakan data seluler yang berarti media akan otomatis terdownload saat mengaktifkan jaringan data.
  • Silahkan klik menu saat menggunakan data seluler dan hilangkan semua centang foto, audio, vidio dan dokumen agar file-file yang dikirim ke kamu tidak otomatis terdownload saat kamu mengaktifkan jaringan data supaya kuota kamu menjadi lebih irit dan memori penyimpanan handphone kam tetap lega. Atau kamu bisa meninggalkan centang foto saja atau audio untuk pengalaman komunikasi yang lebih baik, lalu klik OK.
  • Terakhir klik menu saat terhubung ke wifi dan hilangkan semua centang yang ada supaya Whatsahpp tidak mendownload media secarat otomatis saat handphone kamu terhubung ke jaraingan wifi. Atau kamu bisa meninggalkan centang foto saja susai pilihan kamu.
  • Berikut gif tutorialnya untuk petunjuk yang lebih jelas.

Nah sekarang file foto, audio, video dan dokumen tidak akan lagi terunduh secara otomatis kedalam ponsel kamu dari aplikasi Whatasapp, kamu tidak perlu lagi khawatir memori internal handphone kamu akan penuh secara tiba-tiba oleh gambar dan video yang tidak jelas dari grup atau temen kamu yang iseng. Sekarang kamu punya pilihan untuk mengunduh atau tidak file yang dikirim ke kamu.

Silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu yang lain agar kamu sama-sama tahu cara menonaktifkan fitur otomatis download aplikasi Whatsapp. Dan jangan lupa untuk bookmark website TeknoGeng agar kamu tidak ketinggalan informasi-informasi menarik seputar teknologi lainnya.

baca juga : 7 Aplikasi Pembersih Sampah Android Paling Ampuh 2019!


Leave a Reply

Your email address will not be published.