fbpx About Us TeknoGeng

Cara Menghilangkan Garis Merah & Hijau di Word

Cara Menghilangkan Garis Merah & Hijau di Word

TeknoGeng.id | Tips & Trik – Hampir semua orang yang memiliki PC atau laptop dipastikan memasang Microsoft Office. Aplikasi ini sangat membantu penggunanya mulai dari pengetikan biasa hingga presentasi. Aplikasi yang diciptakan oleh Bill Ghates ini memang benar-benar akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat.

Salah satu aplikasi dari Microsoft Office adalah Microsoft Word. Hampir semua orang memiliki aplikasi ini gengs mulai dari pelajar hingga pekerja kantoran. Tapi ada salah satu fitur di dalamnya yang memang cukup mengganggu ketika kita sedang melakukan pengetikan, yaitu selalu munculnya garis merah dan biru.

Apakah garis merah itu bisa dihilangkan? tentu saja bisa ya gengs. Bahkan cara itu sangat mudah untuk dilakukan. Hal yang pertama harus kalian lakukan adalah mengecek versi dari aplikasi Microsoft Word yang terpasang. Periksa terlebih dahulu apakah Word yang kalian gunakan adalah versi 2013 ke atas atau ke bawah. Sebab keduanya memiliki pengaturan yang berbeda.

Sebelum membahas lebih lengkap tentang menghilangkan garis merah dan biru di Word, kami akan bahas terlebih dahulu apa sih sebenarnya fungsi dari kedua garis tersebut. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.





Fungsi Garis Merah di Ms Word

Kalian mungkin pernah merasa penasaran apa fungsi sebenarnya dari garis merah yang ada di Microsoft Word. Sebenarnya tanda tersebut merupakan sebuah fitur yang diciptakan oleh Microsoft untuk mempermudah penggunanya gengs.

Fungsi dari garis merah tersebut untuk menandai ketika kita melakukan kesalahan dalam mengetik atau typo. Jadi fungsi utama dari tanda ini yaitu untuk mengecek ketepatan terhadap kata yang kita tulis. Misalnya ketika kalian menuliskan kata ‘Word’, tapi kalian salah mengetiknya menjai ‘wrod’. Nah garis merah tersebut akan menandainya karena kata tersebut typo dan harus kalian ubah menjadi kata yang sebenarnya yaitu word.

Akan tetapi pengecekan typo ini harus menyesuaikan dengan regional Word yang kalian gunakan. Misalnya kalian mengatur regional US atau berbahasa Inggris, maka secara otomatis fitur garis merah tersebut hanya akan mengoreksi kata-kata berbahasa Inggris saja.

Jadi kalian jangan heran ketika menulis Bahasa Indonesia, semua kata memiliki tanda garis merah di bawah setiap katanya. Hal tersebut menunjukan kalau pengaturan regional dalam Microsoft Word yang kalian gunakan berbahasa Inggris, bukan Bahasa Indonesia.





Fungsi Garis Hijau di Ms Word

Garis merah memang akan selalu mendominasi ketika menulis di Word, terutama jika pengaturan regionalnya berbahasa Inggris. Tapi kalian tentu pernah melihat garis berwarna biru bukan gengs? Ternyata garis biru juga memiliki fungsi yang sama dengan garis merah, yaitu mengoreksi kesalahan pengetikan atau penulisan.

Garis merah berfungsi untuk melakukan pengecekan terhadap kesalahan ejaan atau typo, sementara garis hijau untuk mengoreksi grammar yang kurang tepat. Grammer sendiri merupakan tata kalimat,frasa, ataupun kata yang terstruktur. Biasanya garis biru ini tidak akan sebanyak garis merah gengs karena cakupannya tidak hanya satu kata, tapi satu frasa atau kalimat.





Cara Menghilangkan Garis Merah & Biru di Word

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, cara menghilangkan garis merah & biru di Ms Word 2013 ke atas dan 2013 ke bawah itu berbeda. Dengan begitu kalian harus tahu terlebih dahulu versi mana yang kalian gunakan ya gengs.





Cara Menghilangkan Garis Merah & Hijau di Word 2010 ke atas

1# Pertama, buka terlebih dahulu dokumen Word yang ingin kalian hilangkan garis merahnya. Kemudian klik menu File yang terletak di bagian pojok kiri atas layar.

buka menu file

2# Selanjutnya akan muncul beberapa opsi di menu File tersebut, lalu kalian pilih Option yang terletak di bagian paling bawah dari daftar menu tersebut.

3# Setelah itu akan muncul jendela Option yang tadi sudah kalian pilih. Selanjutnya kalian klik menu Proofing.

4# Kemudian kalian perhatikan di bagian ‘When correcting spelling and grammar in Word’. Di bawahnya terdapat 4 pilihan, tapi 2 pilihan pertama saja yang kita hilangkan tanda centangnya. Hilangkan centang ‘Check spelling as you type’ jika ingin menghilangkan garis merah. Jika ingin menghilangkan garis hijaunya, kalian juga hilangkan centang ‘Mark grammar as you type’.

5# Terakhir, klik OK untuk menyimpan pengaturan yang sudah kalian ubah. Selamat tanda merahnya sudah hilang gengs.

Setlah menyimpannya, kalian tidak akan menemukan garis merah lagi ketika mengetik di Microsoft words. Tapi perlu di ketahui ya gengs, jika kalian sudah menyimpan pengaturan yang telah dijelaskan di atas, semua dokumen Word yang dibuka di PC atau laptop tidak akan muncul garis merahnya. Jadi kalian harus memberikan centang lagi pada pengaturan seperti di atas.

Cara Menghilangkan Garis Merah & Hijau di Word 2010 ke bawah

1# Buka terlebih dahulu dokumen Word, lalu klik Office Button yang terletak di pojok kiri atas.

2# Setelah itu klik Word Option yang terletak di bagian bawah dari Office Button.

3# Setelah itu kalian klik menu proofing dan hilangkan ceklis ‘Check spelling as you type’ jika ingin menghilangkan garis merah. Jika ingin menghilangkan garis hijaunya, kalian juga hilangkan centang ‘Mark grammar as you type’.

4# Terahir klik OK dan tanda merahnya akan menghilang gengs.

Itulah gengs tutorial kali ini tentang cara menghilangkan tanda merah dan hijau di Word. Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat bekerja ya gengs^^


Leave a Reply

Your email address will not be published.