fbpx About Us TeknoGeng

A13 Bionic, Chipset Terbaru Apple Untuk iPhone 11

A13 Bionic, Chipset Terbaru Apple Untuk iPhone 11

TeknoGeng.id | Teknologi – Beberapa waktu yang lalu, Apple resmi memperkenalkan 3 ponsel terbaru mereka secara sekaligus yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Ketiga ponsel tersebut juga menggunakan chipset terbaru buatan Apple yaitu A13 Bionic. Kira-kira apa sih kehebatan dari chipset ini Gengs?

Nah kalau kita berbicara tentang spesifikai, chip A13 Bionic ini hadir dengan fabrikasi 7nm generasi kedua. Dengan begitu A13 Bionic ini merupakan chipset pertama yang menggunakan proses percetakan dengan memanfaatkan Extreme Ultraviolet (EUV).

Alhasil, jumlah transistor pada A13 Bionic mengalami peningkatan yang tajam. Apple mengklaim bahwa di dalam chipset ini tertanam 8,6 miliar transistor. Sementara pada chip generasi sebelumnya, yaitu A12 Bionic, Apple hanya mampu menanamkan 6,9 miliar transistor saja.





CPU Ponsel Tercepat

Dalam acara perilisan iPhone 11 tersebut, Apple menampilkan performa CPU dan GPU dengan chipset lain yang cukup popular saat ini, termasuk chipset yang dipakai pada iPhone XR. Mereka juga membandingkannya dengan Snapdragon 855 pada Galaxy S10+, Kirin 980 pada Huawei P30, dan Snapdragon 845 pada Pixel 3.

Dari hasil pengujian tersebut, Apple mengklaim A13 Bionic ini memiliki performa yang jauh lebih kencang dibandingkan chipset lainnya. Bahkan performa Snapdragon 855 hanya lebih dari setengah perfroma A13 Bionic.

BACA JUGA : Tutorial Alucard Mobile Legends : Cara Bermain dan Build Item Terbaik Si Pemburu Iblis

A13 Bionic haidr dengan pembagian klaster 2 inti untuk performa tinggi dan 4 inti untuk efisiensi. Dua inti tersebut menawarkan performa 20% lebih cepat dari versi sebelumnya. Sementara empat inti yang menawarkan efisiensi tersebut hadir dengan performa 20% lebih epat dan 40% lebih irit dari versi pendahulunya.





GPU Ponsel Terkencang

Di sisi lain, GPU dari iPhone 11 ini sudah dioptimasi untuk Metal Framework yang merupakan API khusus buatan Apple. Mereka mengklaim bahwa GPU ini memliki peningkatan performa sebesar 30% dan 40% lebih irit daya.

Pada GPU iu juga disematkan Neural Engine generasi ketiga yang hadir dengan 8 inti. Nah Neural Engine ini menawarkan performa 20% lebih cepat dan 15% efiseiensi daya lebih baik dari versi pendahulunya . Sementara untuk jumlah core pada GPU-nya masih sama seperti pada A12 Bionic, yaitu empat core.





Konsumsi Daya Baterai Lebih Irit

Tentu saja sektor perlu kita perhatikan mengingat saat ini tengah menjamur ponsel flagship dengan kapasitar baterai jumbo dan memiliki fitur fast charging. Nah ternyata konsumsi daya baterai dari chipset A13 Bionic ini mengalami perubahan yang signifikan.

Apple mengklaim bahwa A13 Bionic ini memiliki konsumsi daya lebih irit 40% dibandingkan chip sebelumnya. Dengan begitu, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max 5 memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan ponsel-ponsel pendahulunya.

Lha ko bisa irit gitu Gengs?

Nah ternyata banyak komponen yang bisa kita matikan ketika ponsel tersebut sedang tidakdigunakan. Selain itu, chipset A13 Bionic ini juga memiliki 8,5 miliar transistor di dalamnya yang membuat performa iPhone 11 ini meningkat 20%.





Machine Learning Tertinggi

Perlu kalian ketahui ya Gengs kalau CPU dan GPU terbaru pada A13 Bionic ini dilengkapi dengan Neural Engine yang dibuat khusus untuk keperluan AI dan Machine Learning. Keduanya sangat berguna untuk melakukan pemrosesan natural Language langsung di iPhone, klasifikasi gambar dan video, anmasi karakter pada aplikasi Augmented Reality, dan beberapa fungsi lainnya.

Machine Learning pada A13 Bionic ini juga sudah menggunakan versi yang tertinggi. Sebab delapan core neural engine dari chip ini bisa melakukan 1 triliun hitungan per detiknya. Oleh sebab itu kamera pada iPhone 11 memiliki hasil jepretan yang sangat bagus. Hal itu juga akan membuat ponsel ini bisa merekam video 4K dengan frame rate 60 fps ketika kondisi HDR diaktifkan.

BACA JUGA : Harga dan Spesifikasi Lengkap ASUS ZenFone 6 Terbaru

Apple sudah mengkonfirmasi bahwa Chipset A13 Bionic ini akan menjadi otak dari ketika iPhone 11 yang telah mereka perkenalkan. Ketiga smartphone itu akan rilis pada 20 September dan untuk masa pre-order mulai dibuka pada 13 September.

Silahkan cek juga arsip Gadget dari merk-merk lainya juga. Terlengkap hanya di TeknoGeng.id dan pantengin terus di website TeknoGeng.id agar kamu bisa menjadi Gadget Addict.

(ccp/gadget)


Leave a Reply

Your email address will not be published.