fbpx About Us TeknoGeng

Penjelasan Lengkap Lane di Mobile Legends

Penjelasan Lengkap Lane di  Mobile Legends

Lane Mobile Legends

TeknoGeng.id | Games – Mobile Legends memiliki sistem lane yang asimetrik dimana penamaan di setiap lane-nya menjadi relevan. Ada tiga lane di game ini kalau kita lihat pada layar, yakni lane atas (top lane), lane tengah (mid lane), dan lane bawah (bottom lane).

Seiring berkembangnya waktu, nama dari ketiga lane tersebut memiliki isitilah lain. Posisi top lane sering disebut sebagai Hard Lane atau Offlane. Sementara bottom lane sering disebut sebagai safe lane. Munculnya istilah ini sesuai dengan keberadaa monster buff yang ada di masing-masing lane.

Ingin tahu lebih banyak tentang ketiga lane Mobile Legends tersebut? Yuk kita simak sama-sama ulasannya di bawah ini.

1. Top Lane/Hard Line/Offlane

Lane bagian atas bisa dikatakan sebagai Hard Line atau Offline sesuai dengan kondisi. Lane ini disebut sebagai Hard Line karena ketiadaan buff untuk hero yang menjaga lane tersebut.

Karena tidak ada buff, makanya hero yang menjaga lane ini biasanya tidak membutuhkan buff untuk berkembang dan mampu bertahan menjaga lane seorang diri. Selain itu, biasanya penjaga lane ini akan ditekan di early game dan akan terlihat perannya di mid hingga late game.

Ketika berada di top lane, kita bisa memotong minion dari sisi samping lane. Hal yang sama juga berlaku untuk tim musuh. Memotong lane lebih mudah dilakukan di Hard Line ketimbang Safe Line. Salah satu alasannya karena keberadaan bush yang menguntungkan.

Role yang biasanya menjaga posisi Hard Line adalah Fighter/Offlaner karena mereka tidak tergantung bergantung pada buff dan memiliki durability yang cukup kuat. Sehingga mereka akan cukup kuat ketika ditekan oleh tim musuh meskipun di early game.

Tugas hero yang berada di top lane adalah farming untuk mendapat EXP dan push turret ketika lane-nya karena banyak musuh di lane lain.

Thamuz Mobile Legends

Beberapa hero yang cocok berada di Hard Lane adalah Thamuz, Leomord, X.Borg, Badang, dan Terizla.

Biasanya di top lane ini kalian akan sendirian tanpa didampingi oleh tank pendaming. Oleh sebab itu jangan heran kalau upaya gank sering dilakukan oleh tim lawan. Selalu waspadai posisi musuh yang muncul di mini map. Jangan terlalu maju ketika musuh menghilang dari mini map dan tidak muncul lagi selama beberapa detik. Sebab bisa saja mereka melakukan surprise attack pada kalian.

Meskipun sangat sulit untuk menjaga top lane, tapi kalian memiliki keuntungan untuk mendapatkan gold buff dari Lake Crab. Tapi buff ini harus kalian relakan pada Mid Laner yang tentu saja membutuhkan gold lebih banyak. Tapi tenang saja karena gold buff ini hanya diperlukan di early game saja. Setelah itu kalian bisa membunuh Lake Crab dengan bebas untuk dapat Gold Buff.

Karena sangat dibutuhkan di early game, jadi jangan heran kalau Lake Crab ini sering menjadi rebutan. Karena itu kalian harus pastikan kalau lane berada dalam kondisi aman terkendali sebelum akhirnya hero mid lane naik ke top lane dan mengambil gold buff. Biasanya mereka akan ditemani oleh tank untuk open bush yang ada di depan Lake Crab.

Baca juga: Mengenal Specialty Hero Mobile Legends

2. Mid Lane

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh Mid Lane adalah memiliki buff monster, buff hijau, dan buff tambahan. Buff ini ini bisa saja dicuri oleh tim lawan jika mereka bermain sangat agresif. Karena itulah hero yang mengisi posisi mid lane harus didampingi oleh tank. Tugasnya tidak lain yaitu untuk open vision dan menahan damage dari monster jungle.

Lunox Mobile Legends Ash Blossom

Hero yang berada di mid lane dan tank yang menjaganya harus sering melakukan roaming ke top atau bottom lane. Roam ini ditentukan dari posisi dan jumlah musuh yang muncul di mini map. Seorang mid laner yang baik harus sudah bisa memburuh hero lawan dari early game baik secara solo ataupun teamfight yang dibantu dengan initiator tank.

Hero-hero yang berada di mid lane ini harus bisa mendominasi permainan dari early game, mampu rotasi, dan wave minion dengan cepat. Kemudian mereka juga harus bisa melakukan ganking dan secure kill. Biasanya posisi ini dikendalikan oleh hero-hero mage, baik mage nuker ataupun ganker. Beberapa hero yang biasa mendominasi posisi ini adalah Gusion, Lunox, Kagura, Harith, dan Harley.

Baca juga: Perbedaan Cover Tank dan Initiator Tank di Mobile Legends

3. Bottom Lane/Safe Lane

Bottom Lane sering disebut sebagai Safe Lane karena keberadaan monster buff yang menjorok mendekati base dan sulit untuk dicuri musuh. Meskipun disebut sebagai safe lane, tapi musuh bisa saja masuk dan memotong jalur minon melalui rute yang dekat dengan monster hijau. Jadi kalian harus waspada ketika ada musuh yang memotong minion dari arah atas.

Di Bottom lane tidak memiliki Lake Carb sendiri, jadi kalian harus mendapatkan Gold buff dengan cara mencuri Lake Grab musuh. Kamu bisa memata-matai pergerakan musuh yang berusaha membunuh Lake Grab dari dalam bush yang ada di depannya. Tapi itu bukanlah pekerjaan yang mudah karena kalian membutuhkan persiapan matang dan sedikit keberuntungan.

Granger Mobile Legends
Granger Mobile Legends

Hero yang berada di bottom lane biasanya ditempati oleh marksman dan cover tank. Marksman harus dijaga sejak early game, jadi harus didampingi oleh cover tank. Tapi ketika pertandingan sudah memasuki mid game, tank cover harus bisa roaming ke lane lainnya untuk mengisi kekosongan lane dan langsung kembali menjaga marksman tim kalian.

Hero yang mengisi lane ini biasanya jarang melakukan roaming. Yang paling sering melakukan roam adalah cover tank untuk melakukan inisiasi ataupun memberikan EXP lebih banyak bagi hero marksman yang dari awal dikawal.

Ketika marksman sudah mendapatkan level dan equipment yang dibutuhkan, biasanya bottom lane ini akan diisi oleh offlaner yang berpindah dari lane atas untuk menghancurkan turret musuh. Kondisi ini juga bisa terjadi ketika marksman tim kalian tidak kuat berhadapan dengan hero musuh yang satu lane dengannya di bottom lane.

Hero yang harus berada di safe lane ini adalah carry yang bisa mendominasi permain di late game, dalam hal ini adalah marksman.

Itulah gengs penjelasan singkat tentang Lane Mobile Legends. Sekarang kalian sudah tahu kan perbedaan dari ketiga lane tersebut. Pengetahuan ini wajib kamu pahami lho kalau pengen jadi pro player. Simak tutorial Mobile Legends lainnya ya di TeknoGeng.ID.