fbpx

Plat Nomor Biru Pada Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

Plat Nomor Biru Pada Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

TeknoGeng.id | Otomotif – Kita seyogyanya harus menyadari bahwasannya sebuah terobosan teknologi dalam dunia transportasi sudah amat sangat diperlukan. Bagaimana tidak, polusi yang terjadi sekarang menjadi penyebab utama merananya kondisi alam yang kita tinggali saat ini.

Nah salah satu terobosan yang sedang digaungkan adalah keberadaan kendaraan listrik yang diyakini akan menjadi sebuah solusi pertransportasian di Indonesia. Kita semua tahu bahwasannya polusi kendaraan menjadi permasalahan yang sangat serius.

Alasan Warna Biru Dipilih Buat Pelat Nomor Kendaraan Listrik
Sumber : cnnindonesia.com

Dengan keberadaan kendaraan listrik yang memiliki emisi 0, diharapkan bisa memantik perubahan dari paradigma masyarakat yang selama ini sudah bergantung pada kendaraan berbahan bakar fosil.

Tentunya pemerintah sebagai pemeran utama dari segala pemagku kebijakan memiliki sebuah peran untuk mewujudkan semua itu. Tanpa omong kosong dan wacana yang tak ada habisnya, upaya tersebut akhirnya direalisasikan.

Wujud dari keseriusan tersebut adalah dengan diterapkannya plat nomor berwarna biru untuk kedaraan listrik. Desain dari plat khusus kendaraan listrik nantinya akan disematkan warna biru dibagian masa berlaku plat nomor.

Tentunya kebjakan ini disambut positif oleh beberapa pihak, salah satunya komunitas Tesla Club Indonesia (TCI). Melalui sang ketua, Ahmad Sahroni, mereka mengungkapkan apresiasi terhadap kebijakan baru ini.

Ini tentu sangat baik. Ini langkah agar pengguna mobil bisa beralih perlahan-lahan ke mobil listrik,” ujar Ahmad yang dikutip cnnindonesia.com. Peraturan baru ini tertuang dalam Keputusan Korps Lalu Lintas Polri nomor 5 tahun 2020.

Polri memiliki alasan tersendiri dalam menetapkan warna biru. Selain hasil rekomendasi dari diskusi korlantas yang telah disetujui, warna biru juga memiliki makna dari langit biru sebagai program untuk memerangi pemanasan global.

Ini juga sesuai dengan program langit biru sebagai upaya untuk mengurangi pemanasan global,” ujar Korps Korlantas Polri, Brigjen Halim Pagarra yang dikutip cnnindonesia.com.

Tentu kita harapkan upaya ini juga didukung dengan meningkatnya pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia. Sehingga nantinya kendaraan listrik perlahan dapat menggantikan peran kendaraan bermotor yang ada saat ini sebagai kebutuhan transportasi masyarakat di Indonesia.

Jadi sudahkah Anda siap menyambut era baru transportasi di Indonesia??

Sumber : CNN Indonesia