fbpx About Us TeknoGeng

Tips Cara Mengatasi Bug Restart dan Multitouch di Android 8.0 Oreo!

Tips Cara Mengatasi Bug Restart dan Multitouch di Android 8.0 Oreo!

APLIKASI – Android merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh produsen smartphone di masa sekarang ini, hingga kini OS milik google tersebut telah sampai ke versi 10, dimana versi ini sudah tidak lagi menggunakan nama kue sebagaiana versi-versi sebelumnya, versi terbaru ini hanya disebut sebagai Android 10 saja.

Namun meski sudah sampai ke versi 10 yang terbaru, ternyata masih banyak juga handpone yang masih menggunakan versi yang lebih rendah seperti android 9 (pie), 8 (oreo), 7 (nougat) dan bahkan masih ada juga yang menggunakan android versi 6 dikarenakan tidak mendapatkan upgrade dari developer.

Setiap versi android yang dirilis oleh Google ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti yang akan TeknoGeng bahas kali ini adalah Android versi 8.0 atau lebih akrab disebut dengan Android Oreo.

Versi ini dirilis untuk publik oleh Google pada tahun 2017 dengan membawa banyak sekali kelebihan-kelebihan, seperti konektifitas yang lebih baik, tampilan antar muka yang lebih keren dan simple dan yang paling penting adalah daya tahan baterai dan performa yang jauh meningkat dari versi Android sebelumnya.

teknogeng.id

Namun, tidak lama setelah rilisnya versi ini banyak dikeluhkan oleh user karena ada 2 hal yang sangat-sangat menjengkelkan sering terjadi, yakni handpone dengan Android versi 8.0 (oreo) ini sering mengalami restart sendiri secara tiba-tiba dan bug multitouch yang sering datang ketika digunakan untuk bermain game.

Mengetahui hal ini pihak google pun kemudian memberikan update ke versi 8.1, tetapi sayang tidak semua handphone mendapatkanya dikarenakan update yang terbatas dari produsen, terutama untuk handpone-handphone low-end yang memang jarang diperhatikan setelah di pasarkan.

Jika handphone kamu adalah salah satunya yang tidak mendapatkan update dari developer dan masih harus berhadapan dengan bug restart dan multitouch di Android Oreo 8.0, tenang saja, karena TeknoGeng akan memberikan tips dan trik bagaimana mengakali bug tersebut.

Berikut ini cara-caranya Mengatasi Bug Restart dan Multitouch di Android 8.0 Oreo! :

Lakukan Upgrade ke Android yang lebih tinggi

Cara yang pertama adalah dengan melakukan update ke versi yang lebih tinggi. Untuk melakukan upgrade versi android handpone kamu, kamu tidak harus menunggu update FOTA. Kamu bisa melakukan upgrade sendiri dengan cara flashing custom rom yang bisa kamu dapatkan dari forum-forum atau grup yang membahas seputar handphone yang kamu gunakan.

Semisal kamu menggunakan Xiaomi Redmi 6, kamu bisa bergabung di grup-grup facebook Xiaomi Redmi 6 atau langsung saja dengan mencari di google, maka kamu akan menemukan banyak sekali cara untuk meningkatkan versi android handphone kamu dengan custom rom tanpa harus menunggu update resmi yang entah kapan datangnya.

Tetapi perlu kamu ingat sebelum melakukan flashing kamu harus membaca petunjuk yang disediakan terlebih dahulu dengan baik.

Kurangi Beban Handphonemu

Terjadinya restart yang tiba-tiba pada handphonemu bisa saja dikarenakan oleh terlalu beratnya beban yang ditanggung, terlalu banyak aplikasi dan game bisa menyebabkan handphone kamu tersiksa dan akan mengurangi performa secara drastis yang kemudian mempengaruhi hardware. Lebih baik kamu menginstall aplikasi dan game secukupnya saja. Dan pastikan kamu juga harus rajin membersihkan sampah-sampah yang terus menumpuk di handphone kamu.

Kamu bisa mencoba aplikasi pembersih yang kami rekomendasikan di artikel berikut ini 7 Aplikasi Pembersih Sampah Android Paling Ampuh 2019

Gunaka Fitur Motion

Setiap Handphone pasti memiliki fitur motion, gunakanlah fitur motion ini pada handphone kamu untuk mengurangi penggunaan tombol power. Karena bisa saja terjadinya restart pada handphone kamu juga disebabkan oleh tombol powernya yang bermasalah karena terlalu sering kamu pencet.

Manfaatkan LockScreen

Ya, kamu tidak salah baca, untuk mengatasi masalah multitouch di Handphone dengan android Oreo 8.0 sebenarnya sangat mudah sekali, kamu hanya perlu mengunci HP kamu ketika masalah ini datang. Seperti ketika kamu bermain game, kamu hanya perlu menguncinya beberapa detik saja, kemudian membukanya kembali, maka sentuhan handphone kamu akan kembali normal.

Nah itulah 4 Trik yang bisa kamu coba untuk mengatasi bug restart dan multitouch di smartphone Android Oreo kamu. Untuk mendapatkan tips dan trik lainya silahkan bookmark website TeknoGeng agar kamu lebih mudah untuk datang kembali.

Terimakasih dan semoga bermanfaat!

(zan/apps)


Leave a Reply

Your email address will not be published.