fbpx About Us TeknoGeng

Pemerintah Mulai Blokir Ponsel BM, Kenali Waktu dan 5 Cirinya

Pemerintah Mulai Blokir Ponsel BM, Kenali Waktu dan 5 Cirinya

TeknoGeng.id | Gadget – Seperti yang diketahui saat ini, berbagai ponsel pintar di tanah air masih ada saja ponsel black market (BM) yang terselubung diberbagai pelosok tanah air.

Ponsel black market (BM) ini seperti yang beredar di beberapa media, itu mulai di ketahui dari merek ponsel bermerek terkenal hingga merek baru. Tentunya dasar hal tersebut, membuat pemerintah Indonesia bergegas untuk melakukan pembasmian dengan awal melakukan uji coba terlebih dahulu terkait ponsel black market (BM) melalui detikinet (17/02/2020).

Nah, dari pada penasaran buat pembaca setia TeknoGeng. Berikut ini 5 Ciri terbaik mengetahui ponsel BM atau tidak :

1. Garansi Resmi

Service Center – Meizu

Sudah tidak aneh lagi, bahwa untuk ponsel anti Black Market (BM) adalah merupakan ponsel yang resmi bergaransi dari merek yang dibuatnya. Dan jika kalian menemukan ponsel atau beli ponsel dengan jaminan Garansi Distributor. Itu tandanya ponsel tersebut merupakan ponsel BM yang sudah jelas-jelas.

2. Cek di Situs Resmi Kemenperin

Cek situs resmi disini yaitu situs resmi pemerintah Indonesia, kalian bisa coba melakukan pengecekan di link : imei.kemenperin.go.id. Setelah kalian melakukan pengecekan dan ternyata terdaftar di database Kemenperin, artinya kalian lolos dari ponsel black market (BM).

Dan yang perlu kalian pahami, saat ponsel dipasarkan di Indonesia. Tentunya harus dilakukan proses pengecekan dari Pemerintah yaitu melalu Kemenperin.

3. Ada Izin Edaran

Ciri poin selanjutnya yaitu memiliki sertifikat / regulasi yang di syahkan oleh Kemenkominfo yang memiliki ciri-ciri ponsel yang skala baru seperti terdapatnya fitur Wifi, Bluetooth dan yang paling penting akses internet.

Ciri yang perlu kalian ketahui pula, saat membeli suatu ponsel baru di dalam kardus menjadi salah satu tindakan tepat untuk melakukan pengecekan dengan di tandai nomor IMEI yang tertera dengan jelas dan bisa dilakukan pengecekan secara online di sertifikasi.postel.go.id.

4. Made In Indonesia

Cek IMEI – Tribunnews.com

Ciri lainnya yang cukup menarik yaitu terdapatnya ciri di kardus “Diproduksi di Indonesia” artinya itu ponsel resmi (bukan BM).

5. Cek IMEI Melalui Ponsel

Terakhir yang harus kalian ketahui untuk melakukan pengecekan ponsel itu BM atau bukan, yaitu dilakukan pengecekan di ponsel itu sendiri. Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu akses di ponsel *#06# dengan cuma-cuma.

Setelah IMEI di dapatkan tentunya kalian cek ke situs resmi kemenperin di poin 2 tadi agar kalian pun bisa tahu, bahwa ponsel tersebut BM atau tidaknya.

Baca juga: 10 HP Xiaomi Terbaik Di Bawah 1 Jutaan Terbaru 2020

Nah itulah caranya untuk mengetahui ponsel black market (BM) atau bukan yang perlu kalian coba. Tentunya, perlu kalian ketahui untuk peresmian ponsel black market (BM) jatuh pada 18 April 2020 mendatang, tentunya ini serempak akan dilakukan pembasmian baik pemerintah atau provider Operator seluler tanah air seperti Telkomsel, XL, IM3 dan operator lainnya.

Dan jika kalian memiliki ciri lain, jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar yang kami sediakan. Tujuannya agar teman-teman / pengguna lain tahu betapa pentingnya untuk menjaga transparansi, kekayaan suatu negara.

Referensi lain

(nsl/gadget)


Leave a Reply

Your email address will not be published.