fbpx About Us TeknoGeng

Cara Mudah Aktifkan Dark Mode Instagram di iPhone dan Android

Cara Mudah Aktifkan Dark Mode Instagram di iPhone dan Android

TeknoGeng.id | Tutorial – Instagram resmi merilis fitur terbarunya bernama Dark Mode atau mode gelap. Fitur ini hanya berlaku untuk platform iOS, atau lebih tepatnya pada iOS versi 13. Fitur ini juga berlaku untuk platform Android versi 10.

Fitur Dark Mode ini akan membuat tampilan belakang aplikasi Instagram berwarna hitam dan teks berwarna putih. Fitur ini sebenarnya sudah lama ditunggu oleh para pengguna Instagram karena selain akan menghemat baterai, tapi juga akan membuat mata menjadi nyaman ketika scrolling.

Nah jika kalian memiliki ponsel dengan iOS 13 atau Android 10, tentu kalian bisa menggunakan fitur Dark Mode ini. Tapi sayangnya Instagram belum menyediakan tombol khusus untuk mengaktifkan fitur Dark Mode secara manual di aplikasinya.

Dark Mode Instagram
Fitur Dark Mode Instagram: Gambar: Techradar

Lalu bagaimana dong cara untuk mengaktifkannya? Tenang saja karena di artikel kali ini TeknoGeng akan memberikan sedikit tips dan trik cara mengaktifkan Dark Mode di Instagram. Tapi kalian harus pastikan kalau HP yang digunakan sudah menggunakan sistem operasi iOS 13 untuk iPhone dan Android 10 untuk Android. Simak langkah-langkahnya di bawah ini gengs.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di iPhone

Cara untuk mengaktifkan fitur Dark Mode untuk aplikasi Instagram di iPhone sangat mudah untuk dilakukan gengs. Caranya yaitu dengan masuk ke Setting di HP iPhone kalian, kemudian pilih Display and brightness, dan tap Dark.

Setting > Display and brightness > Dark

Setelah itu jangan dulu buka Instagramnya. Pastikan kalau aplikasi Instagram yang kalian gunakan adalah versi terbaru. Kalian bisa mengeceknya di App Store. Jika aplikasinya belum versi terbaru, silahkan untuk mengunduhnya.

Jika sudah upgrade Instagram ke versi yang terbaru, silahkan buka aplikasi Instagram di iPhone kalian dan aplikasi akan berubah menjadi gelap secara default. Jika ingin mengubahnya menjadi normal, kalian bisa menonaktifkan Dark Mode di Setting.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android

Untuk mengaktifkan fitur Dark Mode Instagram di HP Android, pastikan kalau sistem operasinya sudah menjalankan Android 10. Sebab Android versi terbaru ini sudah mendukung fitur Dark Mode System Wide.

Tapi jika HP Android kalian sudah menggunakan skin atau antarmuka yang mendukung dark mode, kalian bisa langsung menggunakan fitur Dark Mode di aplikasi Instagram. Salah satu antarmuka yang mendukung dark mode adalah One UI milik Samsung.

Cara untuk mengaktifkan Dark Mode di Android 10 ternyata juga sangat mudah gengs. Kalian hanya perlu masuk ke Setting, lalu klik Display, dan aktifkan opsi Night Mode.

Setting > Display > Night Dark

Setelah itu pastikan aplikasi Instagram yang kalian gunakan adalah versi yang terbaru. Kalian bisa mendunduh aplikasi terbarunya di Play Store. Jika sudah, jalankan aplikasi Instagram, maka tampilan belakangnya akan berubah menjadi hitam dan teks berwarna putih.

Bergabung Dengan Uji Coba Beta

Jika kalian ‘kukuh’ ingin mencoba fitur Dark Mode di Instagram, kalian bisa bergabung terlebih dahulu untuk mengikuti uji coba beta. Caranya juga cukup mudah, yaiut buka Play Store dan cari aplikasi Instagram.

Setelah menemukan aplikasi Instagram, silahkan scroll ke bawah hingga menemukan tombol Join the Beta. Kalian klik tombol itu dan tunggu beberapa saat.

Sebelumnya harus kalian perhatikan dulu bahwa beberapa aplikasi membatasi jumlah orang yang bisa mengikuti uji coba beta. Jika slotnya sudah penuh, kalian akan menerima pesan yang berisi slot sudah penuh.

Jika beruntung, kalian bisa mengikuti langkah selanjutnya yaiut dengan mengunduh aplikasi Instagram versi Beta. Kemudian lakukan instalasi dan aplikasi Instagram akan menampilkan dark mode secara default.

Itulah gengs cara mengaktifkan Fitur Dark Mode aplikasi Instagram. Caranya sangat mudah bukan?. Untuk kalian yang belum menggunakan HP dengan iOS 13 atau Android 10 belum bisa menjalankan fitur ini. Jadi harap bersabar, mungkin ke depannya pihak developer Instagram akan melakukan pembaruan lebih lanjut supaya fitur ini bisa dijalankan di berbagai perangkat.

Sumber: Techradar.com