fbpx About Us TeknoGeng

Cara Bermain Tank Mobile Legends yang Baik dan Benar

Cara Bermain Tank Mobile Legends yang Baik dan Benar
  • 1
    Share

TeknoGeng.id | Games – Tank merupakan role hero yang sepi peminat. Sebab sebagian besar player Mobile lebih suka bermain hero marksman dan mage. Padahal kalau tahu cara bermain tank yang baik dan benar, ternyata menyenangkan juga gengs.

Jika kalian sering bermain solo rank, tak ada salahnya juga untuk pick hero tank gengs. Sebab jika kalian tahu cara memainkannya dengan benar, tak menutup kemungkinan kalian bisa menang. Tapi itu juga tergantung dari performa hero carry dan midlaner.

Cara Bermain Barbar Hero Tank Mobile Legends

cara bermain tank

Di postingan kali ini kita akan membahas sedikit tentang cara bermain hero tank. Sebab memainkan hero tank itu bisa dikatakan gampang-gampang sulit gengs. Kenapa demikian? Kalian mending simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Tipe Tank

Pada artikel sebelumnya mimin telah memberikan artikel tentang perbedaan tank cover dan tank inisiator. Perbedaan dari kedua jenis tank tersebut bisa kalian lihat disini: Perbedaan Cover Tank dan Initiator Tank di Mobile Legends

Nah sekarang kita akan bagi lagi tank tersebut ke dalam tiga kategori berdasarkan tipe permainannya. Ketiga tipe tank tersebut yaitu tank agresif, tank defensif, dan tank support. Ketiga jenis tank tersebut memiliki gameplay yang berbeda-beda gengs ya.

1. Tank Agresif

Tank agresif merupakan hero yang bisa menekan lane lawan sejak game di mulai. Jika kalian menggunakan hero tank agresif, kalian harus bermain agresif meskipun di awal permainan. Kenapa harus agresif?

Tipe tank yang satu ini sudah memiliki damage skill yang tinggi, atau punya slow/stun yang lama. Dengan kemampuannya tersebut, tipe tank ini sangat cocok untuk menekan lane sejak early game.

Beberapa hero tipe tank agrif diantaranya yaitu:

  • Grock, dimana damage dari skill pertamanya sudah besar di early game.
  • Hylos dengan slow dari skill keduanya, dan
  • Lolita dengan stun dari skill pertamanya.

2. Tank Agresif

Tipe tank yang satu ini biasanya memiliki HP yang sangat tinggi sejak awal permainan. Biasanya mereka juga memiliki skill yang bisa menjaga lane dengan baik.

Tipe tank yang satu ini memang bukanlah inisiator yang tepat di awal permainan layaknya hero tank agresif. Tapi ketika sudah mencapai level 4, mereka adalah kunci utama dalam teamfight.

Beberapa tipe hero tank defensif diantaranya adalah:

  • Minotaur dengan efek knock back dari skill ultimatenya,
  • Akai dengan skill ultimatenya yang bisa menjepit lawan.

3. Tank Support

Tugas utama dari tipe tank yang satu ini adalah melindungi hero carry atau midlaner dari serangan lawan. Selain itu, tugas utama dari tipe tank support ini adalah open map dengan cara mengecek area atau rumput di sekitar hero carry ketika farming.

Salah satu hero tank support yang biasa dimainkan adalah Lolita. Dia bisa memberikan shield kepada rekan setimnya. Atau juga Minotaur yang bisa memberikan regen HP kepada rekan di sekitarnya.

Cara Laning

Kalian sudah tahu jenis hero tank berdasarkan cara permainannya, nah sekarang kita akan bahas tentang cara laning seorang hero tank. User tank yang baik dan benar tentu memiliki kemampuan laning yang baik pula. Jika kalian belum tahu lane apa saja yang ada di Mobile Legengs, pelajari terlebih dahulu di postingan ini: Penjelasan Lengkap Lane di Mobile Legends

Bagaimana cara laning yang baik dan benar? Ini dia gengs caranya.

1. Pilih Lane dengan Bijak

Biasanya tank akan bergerak ke mid lane untuk melindungi midlaner atau bisa juga ke bottom lane untuk melindungi hero carry (marksman). Jika kalian sudah bersama dengan hero cary atau midlaner, selanjutnya adalah open map dan cek rumput di sekitar lane apakah ada musuh atau tidak.

2. Berikan EXP dan Gold untu Carry

Seorang hero carry atau midlaner tentu saja harus memiliki gold dan exp yang banyak. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan item dan leveling dengan cepat. Usahakan kalian jangan lakukan last hit pada monster jungle ataupun minion ketika sedang mendampingi hero carry farming.

Kalian juga bisa membeli item dasar Roam, yaitu Wooden Mask. Dengan begitu, exp ataupun gold akan diberikan sepenuhnya kepada hero carry ketika sedang membantunya farming.

3. Selalu Perhatikan Mini Map

Sebagai seorang tank yang harus selalu menjaga hero carry, kalian tentu saja harus memperhatikan mini map. Kalian bisa melihatnya di pojok kiri atas layar smartphone. Disanalah letak mini map berada.

Misalnya ketika musuh menghilang dari mini map, segera open vision di area sekitar carry. Atau kalian juga bisa bersembunyi di rumput sehingga Carry bisa mendapatkan penglihatan yang luas. Mereka juga akan tahu apakah akan diganking atau tidak ketika farming.

4. Berikan Kill pada Carry

Jika situasinya memang memungkinkan, sebaiknya kalian jangan pernah memberikan last hit atau kill. Berikan saja last hit hero lawan kepada carry. Biasanya ketika hero lawan sedang sendirian, sehingga kalian akan lebih leluasa untuk memberikan last hit pada carry.

Tapi jika kondisinya sedang teamfight, kalian tentu akan lebih sulit memberikan last hit pada carry. Sebab bisa saja targetnya jauh dari jangkauan carry. Jika situasinya seperti itu, kalian bisa melakukan last hit.

5. Berkorban demi Carry

Tugas utama dari hero tank adalah menjaga hero carry. Kalian harus rela mati demi melindunginya. Usahakan mereka jangan sampai mati. Jika mereka sering mati, pertumbuhan gold dan exp mereka akan terhambat.

Misalya ketika sedang dikejar tim lawan, kalian jangan mendahului tim carry. Lindungi dia supaya tidak mati. Lebih baik kalian yang mati daripada carry yang mati.

Cara Teamfight

Tugas utama tank ada dua ketika sedang teamfight, yakni sebagai inisiator dan pelindung. Jika kalian menggunakan tipe tank inisiator, tugasnya adalah membuka teamfight dan menjadi tameng di bagian depan tim. Selain itu, usahakan untuk mengincar hero carry tim lawan supaya mereka tidak free hit.

Jika kalian menggunakan tank cover, tugas utama kalian adalah melindungi hero carry dari serangan musuh. Selalu dekat dengan carry karena mereka akan menjadi incaran hero-hero assassin yang akan menyerang dari belakang.

Item Building

Hal ini juga harus kalian perhatikan ketika menggunakan hero tank. Kalian jangan asal-asalan dalam membeli item. Kebanyakan player tank adalah mencontek para pro player tanpa tahu fungsi dari masing-masing item yang digunakan. Cara membeli item untu tank bisa kalian lihat pada artikel ini gengs: Cara Efektif Menggunakan Item Defense di Mobile Legends

Jika di tim musuh memiliki banyak hero tipe physical, maka perbanyaklah membeli item yang memberikan physical defense (armor) yang tinggi. Diantaranya adalah Dominance Ice, Blade Armor, dan Antique Cuirass.

Sementara jika di tim musuh banya hero-hero tipe magic, sebaiknya kalian beli item yang memberikan magic defense (magic res) yang tinggi. Diantaranya adalah Athena’s Shield dan Oracle.

Memilih Tank yang Tepat

Cara menjadi seorang tanker yang benar terakhir adalah memilih herotank dengan tepat. Maksudnya begitni gengs, tidak semua hero tank itu sangat cocok untk melawan semua hero. Oleh sebab itu kalian harus memahami setiap hero yang akan kalian gunakan.

Misalnya seperti ini gengs:

Johnson memiliki skill pasif yang bisa memberinya Shield berdasarkan jumlah armor yang dia miliki. Semakin tinggi armor, semakin tebal shield yang akan diberikan.

Oleh karena itu Johnson sangat efektif digunakan untuk melawan hero-hero tipe physical. Johnson sangat lemah jika di tim lawan memiliki banyak hero magic. Jika demikian, kalian jangan pick Johnson.

Studi kasus yang lainnya adalah Belerick. Dia sangat cocok digunakan ketika berhadapan dengan hero-hero yang memiliki Damage per Second (DPS) tinggi seperti Kimmy dan Claude.

Sebab Belerick memiliki skill pasif yang bisa membalikan damage kepada lawan yang memberikannya damage. Jika berhadapan dengan burst damage tinggi seperti Aldous dan Irithel, Belerick bukanlah pilihan yang tepat.

Penutup

Itulah gengs pembahasan kali ini tentang cara bermain tank dengan baik dan benar. Memang terlihat cukup gampang sih kalau bermain tank itu, tapi bisa dikatakan sulit juga ternyata. Semoga bermanfaat dan semoga sampai Mytic gengs ^^


  • 1
    Share