Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat dan mendominasi, dibutuhkan sebuah transformasi digital di berbagai aspek. Tapi apa sebenarnya definisi transformasi digital itu? Seberapa penting manfaat transformasi digital di perusahaan? Tentu manfaat ini sangat menjanjikan, meskipun beberapa perusahaan masih memilih berada di dunia analog.
Tanpa disadari, transformasi digital sudah kita jalani hingga detik ini. Bahkan dunia analog sudah tertinggal jauh bahkan terlupakan. Era digital, era teknologi yang lebih maju dan tuntutan perubahan secara cepat, membuat para pelaku bisnis mau tidak mau melakukan transformasi digital.
Kenali Apa itu Transformasi Digital
Transformasi digital sebenarnya sudah dilakukan oleh banyak orang, terutama perusahaan. Transformasi digital merupakan proses dalam mengintegrasikan adanya teknologi digital ke dalam setiap aspek bisnis yang dimiliki.
Transformasi yang dimaksud lebih kompleks, mulai dari merombak struktur, mengadopsi teknologi baru, operasi bisnis, bahkan budaya dalam bekerja menjadi lebih responsif. Umumnya transformasi hanya diyakini bahwa sebuah bisnis beralih dari analog ke digital, sedangkan struktur dan budaya hanya menyesuaikan dari perubahan yang dilakukan.
Efisiensi dan produktivitas pada suatu bisnis menjadi sebuah bentuk kecanggihan teknologi yang juga manfaat transformasi digital di perusahaan. Pada proses perpindahan dari dunia analog atau konvensional, sampai menjadi serba otomatis ini memberikan berbagai dampak positif pada berbagai sektor bisnis.
Manfaat Transformasi Digital dalam Pengembangan Bisnis
1. Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan
Manfaat transformasi digital di perusahaan yang paling terlihat adalah dengan kecanggihan teknologi produktivitas lebih meningkat. Ketika suatu perusahaan dapat meningkatkan produktivitas lebih tinggi, tentu membuatnya lebih efisien.
Bagaimana tidak? Kecerdasan buatan (AI), software, e-commerce, berbagai teknologi ini secara efisien membantu setiap proses jalannya bisnismu. Adanya teknologi, setiap produktivitasnya mengotomatisasi proses dan tidak lagi membutuhkan waktu lama.
Teknologi-teknologi ini mungkin banyak disepelekan karena harga yang terlalu mahal, atau tidak worth it. Tapi pada dasarnya setiap pemanfaatan teknologi tidak ada yang tidak menjanjikan. Hanya saja harus disesuaikan dengan etos kerja dan tidak berlebihan dalam penggunaan teknologi, agar lebih efisien.
2. Memperkuat Relasi Bisnis
Transformasi digital dapat secara fleksibel dalam menjangkau audiens lebih luas, bahkan sampai internasional. Justru ketika perusahaan berani beralih ke era serba digital, membuatnya lebih cepat tumbuh dan ekspansi. Pada beberapa kasus, perusahaan cenderung ramai saat memperkuat relasi bisnis berbasis teknologi.
Manfaat transformasi digital di perusahaan dengan diimplementasikan berupa memperkuat relasi bisnis menjadikan kolaborasi yang cukup menarik. Tidak hanya relasi dari pelanggan, tetapi juga dari berbagai sektor yang mendukung jalannya perusahaan.
Transformasi digital di perusahaan, belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain yang sudah menjalankannya terlebih dulu. Sehingga kamu bisa menentukan bagaimana bisnismu bisa berkembang lebih maju lagi.
3. Mengontrol Data
Teknologi yang ada bisa dimanfaatkan untuk mengurangi adanya resiko kecurangan. Ancaman keamanan siber memang sering terjadi, sehingga proteksi dini sangat penting di era digital ini. Ketika manfaat transformasi digital di perusahaan ini terealisasi, maka secara tidak langsung kamu sudah mencoba melindungi data internalmu sendiri.
Beberapa dari kamu pasti seringkali meragukan penggunaan cloud. Tapi perlu digaris bawahi, provider cloud di Indonesia sudah cukup bagus dalam memproteksi keamanan, privacy, maupun back-up data.
Mengontrol setiap data internal yang masuk itu sangat penting, tapi harus terjaga kerahasiaannya. Teknologi yang digunakan dalam mengontrol data juga sudah pasti lebih canggih dibandingkan sebelum dilakukannya transformasi. Pada poin ini sangat dibutuhkan berbagai perusahaan untuk tetap menjaga kerahasiaan data yang dimiliki.
4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Semakin canggih teknologi, semakin cepat sebuah pelayanan perusahaan. Di era digital sudah banyak platform-platform yang menyediakan balas chat otomatis, atau juga fast respon ketika dihubungi. Ini menjadi sebuah poin plus yang membuat perusahaan mampu bertahan di era digital.
Setiap kepuasan pelanggan bergantung dengan bagaimana kamu diperlakukan. Data yang akurat dibantu dengan teknologi, dapat memperkuat sumber daya yang ada, dan mengoptimalkan ke dalam sebuah keunggulan yang lebih kompetitif. Kepuasan pelanggan dapat tercipta ketika perusahaan memanfaatkan teknologi dengan baik.
Manfaat transformasi digital dari peningkatan kepuasan pelanggan juga membuat perusahaan menarik berbagai talent terbaik. Ketika perusahaan cukup maju dalam menggunakan kecanggihan teknologi, banyak talent yang mulai mendaftarkan untuk mempromosikan perusahaan menjadi lebih terkenal, dengan win win solution.
Dari keempat poin diatas, menurutmu semua manfaat ini bisa didapatkan di perusahaanmu? Atau justru perusahaan lebih memanfaatkan teknologi lebih terbaru dan menjanjikan? Umumnya setiap perusahaan memberikan dampeknya masing-masing, hanya bagaimana kamu survive dari permasalahan yang kamu miliki.
Transformasi di era digital tidak bisa dianggap sepele, ini yang membuat perusahaan secara tidak langsung tergerus zaman. Berbeda dengan perusahaan yang lebih memilih untuk memulai implementasi transformasi digital, cenderung lebih merasakan manfaat dari keunggulannya. Tunggu apa lagi?