fbpx

Build Item Valir Tersakit dan Terbaik 2020 Mobile Legends

Build Item Valir Tersakit dan Terbaik 2020 Mobile Legends

TeknoGeng.id | Games – Valir merupakan hero mage yang ada di game Mobile Legends Bang Bang. Hero ini telah dimodifikasi oleh Moonton pada update patch 1.4.14 dan telah membuat hero ini kembali popular. Sekarang Valir menjadi hero mage yang paling ditakuti di Land of Dawn.

Revamp ini tentu saja menjadi kabar bahagia bagi user Valir karena dia bisa lebih gesit dibandingkan sebelumnya. Damage yang dia berikan akan semakin besar dan sekarang dia punya efek debuff yang akan membuatnya bisa terlepas dari Crowd Control.

Pada artikel kali ini, TeknoGeng akan memberikan kalian panduan tentang hero Valir Mobile Legens beserta item yang cocok untuk dia. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Build Item Valir Mobile Legends

Build item yang sangat kami rekomendasikan lebih berfokus pada damage supaya damage areanya semakin besar. Tapi kalian juga bisa menggunakan build item yang berfokus pada cooldown supaya dia bisa lebih sering pam kill. Berikut ini adalah dua build item terkuat yang bisa kalian gunakan.

Build Item Valir Anti Tank dan Coolwodn

Build Item Valir Mobile Legends
Build Item Valir Mobile Legends

Build item ini sangat cocok kalian gunakan jika di tim musuh memiliki tank dan fighter yang memiliki magical defense sangat besar. Selain itu, item ini akan membuat kalian lebih sering menggunakan skill ultimate.

1. Demon Shoes

Menurut kami di awal sangat wajib bagi Valir untuk menggunakan item sepatu ini. Sebab dia merupakan hero yang bergantung pada mana untuk spam skill, sehingga sangat cocok untuk menggunakan item ini. Selain memberikan tambahan movement speed, Demon Shoes juga akan memberikan mana regen sebesar 30 poin per detik.

Mana regen kalian akan meningkat 10% jika berhasil membunuh lawan atau assist. Sementara jika melakukan lat hit paa minion, tambahan regen HP hanya akan meningkat 4%. Dengan menggunakan item Demon Shoes ini, kalian tidak perlu balik ke base untuk hanya sekedar mengisi mana.

2. Ice Queen Wand

Yang paling penting dibutuhkan dari item ini adalah pasifnya yaitu bisa menyebabkan efek slow hingga 30%. Untuk mendapatkan tambahan 30% efek slow ini, kalian harus memberikan damage pada lawan sebanyak 2 kali berturut-turut. Efek slow ini akan bertahan selama 2 detik. Item ini sangat cocok digunakan oleh Valir karena hampir semua skillnya bersifat area.

Selain itu, Ice Queen Wand juga akan memberikan 10% Magical Lifesteal yang tentu saja sangat berguna untuk Valir untuk regen HP. Regen HP Valir akan besar karena magic damage yang dia berikan juga besar. Kemudian item ini juga memberikan 7% movement speed yang sangat cocok dikombinasikan dengan skill ultimate-nya.

3. Glowing Wand

Item ini juga sangat cocok dikombinasikan dengan skill Valir, terutama dengan skill pasifnya. Pasif dari item Glowing Wand ini yaitu akan memberikan efek burn pada targetnya selama 3 detik. Damage yang diberikannya mencapai 3% dari max HP target. Hal ini sangat cocok dengan skill pasif Valir yang juga akan memberikan efek burn dengan damage 0.6% dari max HP target selama 4 detik.

Item Glowing Wand ini juga akan memberikan tamabahan 5% movement speed, sehingga akan membuat pergerakan Valir lebih kencang, apalagi ketika dia menggunakan skill ultimate-nya. Tamabahan 400 HP juga akan membuatnya lebih duarable.

4. Genius Wand

Item ini sangat berguna untuk melawan hero-hero fighter dan tank yang memiliki magical defense sangat tinggi. Item Genius Wand bisa mengurangi magic defense lawan hingga 30 poin dan berlangsung selama 2 detik. Supaya pasif item ini bisa bekerja secara maksimal, kalian harus menyerang musuh tiga kali berturut-turut.

Item ini juga akan memberikan tambahan 5% movement speed dan 75 Magic power. Sangat cocok status ini dikombinasikan dengan skill ultimate Valir.

5. Fleeting Time

Item ini berfungsi untuk cooldown reduction. Setiap kalian berhasil membunuh lawan atau assist, maka cooldown dari skill ultimate Valir akan berkurang sebesar 35%. Dengan begitu, Valir akan lebih sering spam skill ultimate dan akan membuatnya bisa terus memberikan damage yang besar dan immune terhadap semua crowd control.

Item Fleeting Time ini juga akan memberikan tambahan 15% Cooldown reduction, sehingga kalian akan lebih sering spam semua skill Valir.

6. Divine Glaive

Fungsi item ini sebenarnya sama seperti Genius Wand, yaitu untuk mengurangi magical defense lawan. Hanya saja Divine Glaive memiliki cara kerja yang berbeda dengan Genius Wand. Divine Glaive akan mengurangi magial defense target hingga 70%. Sehingga akan membuat tank sekalipun sangat lembek.

Build Item Valir Full Damage

Build Item Valir Mobile Legends
Build Item Valir Mobile Legends

Susunan item dari build item ini sebenarnya hampir sama dengan build item di atas, hanya saja kami menggunakan item Holly Crystal untuk meningkatkan magic damage Valir. Sebab item ini bisa memberikan tambahan magic damage hingga 35%. Dengan begitu damage Valir akan benar-benar mengerikan jika menggunakan item ini.

Untuk item terakhir kami merekomendasikan item Immortality, terutama ketika permainan sudah mencapai 10 menit ke atas. Item ini akan membuat kalian bisa immortal atau hidup kembali dan memiliki kemungkinan untuk kabur atau counter attack.

Emblem dan Battle Spell

Untuk emblemnya kami merekomendasikan Custom Magic Emblem dengan susunan talent seperti pada gambar di bawah. 3x agility akan membuat movement speed Valir meningkat, 3x Invasion akan membuat magical penetration meningkat. Untuk talent terakhir kami merekomendasikan Impure Rage supaya damage Valir akan semakin besar ketika dia memberikan damage pada target dengan menggunakan skill.

Untuk Battle Spell sendiri kami merekomendasikan Retribution supaya dia bisa sangat cepat untuk farming. Terlebih lagi, damage yang dia berikan sekarang ini sangat besar, sehingga akan sangat cepat bagi dirinya untuk clear minion atau membunuh monster jungle.


Analisis Skill Valir

Sama seperti hero pada umumnya, Valir memiliki empat skill dengan tiga skill aktif dan satu skill pasif. Berikut analisis skillnya.

1. Skill pasif: Ashing

Semua skill Valir akan membakar targetnya dengan memberikan magic damage sebesar 0.6% dari makimum HP lawan dan akan berlangsung selama 4 detik.

Semua skill Valir juga akan memberikan efek Blaze pada targetnya dan akan memberikan magic damage. Ketika efek Blaze ini sudah mencapai 3 stack, maka akan memberikan efek stun kepada musuh selama 1 detik dan memberikan magic damage sebesar 8% dari max HP musuh. Akan tetapi, target yang sama hanya bisa distun oleh Valir sebanyak 1 kali dalam waktu 7 detik.

2. Skill 1: Burst Fireball

Valir akan mengeluarkan Fireball ke arah yang kita tentukan dan akan meledak setelah mengenai target lawan. Lawan yang berada di area jangkauan ledakan tersebut akan terkena magic damage dan efek slow sebesar 40% selama 1 detik.

Fireball tersebut akan terus menyulut tanah di sepanjang jalan dan akan menyebabkan ledakan setelah beberapa detik dengan memberikan magic damage kepada lawan yang berada di dalam area tersebut.

Skill ini akan memberikan Valir 2 stackk. Jika target pertama dari fireball itu adalah hero lawan, Valir akan kembali mendapatkan stacknya kembali.

3. Skill 2: Searing Torrent

Valir akan melepaskan aliran api ke depan yang menyebabkan efek knock-back kepaa lawan ke jarak maksimal areanya dan memberikan magic damage kepada mereka. Jika Valir menggunakan skill ultimate-nya, skill kedua ini akan menciptakan firewall pada jarak yang maksimal selama 4 detik dengan memberikan magic damage pada lawan terdekat setiap detik.

Aliran api dan firewall tersebut akan menyebabkan efek slow sebesar 25% selama 1 detik.

4. Skill Ultimate: Vengeance Flame

Skill ini akan membuat Valir terlepas dari semua efek Crowd Control dan akan membut dirinya dikelilingi oleh 4 Vengeance Flames. Skill ini juga akan memperkuat damage skill 1 dan skill 2 sebesar 30% selama 9 detik. Hmm lama juga ya.

Sementara itu, movement speed Valir juga akan meningkat 60% selama 5 detik ketika menggunakan skill ultimate-nya ini. Efek ini akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu dari durasi skill 3.

Baca juga: Build Item Terbaru & Tutorial Guinevere Mobile Legends

Kelebihan dan Kelemahan Valir

Semua hero di game bergenre MOBA pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, termasuk juga Valir di game Mobile Legends. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh sang penguasa api Valir.

Kelebihan Valir

Burst Damage Area Sangat Besar: Valir memiliki burst damage yang bersifat area. Kemampuannya yang satu ini sangat cocok digunakan untuk teamfight atau war. Bahkan untuk farming pun sangat efektif dimana dia bisa clear minion ataupun membunuh monster jungle dengan sangat cepat.

Kaya akan Crowd Control: Skill 1 dan 2 Valir akan memberikan efek slow yang cukup ngeslin, apalagi kalau penggunanya menggunakan Ice Queen Wand. Tentu saja hal ini akan membuat musuh sulit untuk kabur. Kemudian skill pasifnya juga akan memberikan efek stun selama 1 detik. Skill keduanya juga akan memberikan efek knock back.

Punya Skill Immunity: Berbeda dengan dulu, sekarang Valir memiliki skill immune yang akan membuatnya bisa kebal terhadap crowd control musuh. Skill ultimatenya akan membuat dia immune selama 9 detik dan damage dari skill 1 dan 2 akan meningkat. Dengan begitu, sekarang Valir akan sangat sulit untuk diciduk, bahkan oleh hero-hero locker sekalipun seperti Kaja dan Chou.

Punya Skill Anti Chase: skill 2 Valir akan memberikan efek knock back pada targetnya dan memiliki jangkauan yang sangat luas. Nah skill ini juga bisa kita gunakan untuk menghentikan skill ultimate dari beberapa hero seperti skill ulti Akai, Lolita, dan Claude. Dengan begitu, Valir bisa menjadi hero anti chase dan counter terbaik.

Mudah Digunakan: Valir juga sangat mudah untuk digunakan. Selama kalian bermain di belakang tank dan bermain aman, Valir akan sangat sulit untuk dibunuh.

Kelemahan Valir

Skill Mudah Dihindari: Meskipun semua skill Valir memiliki damage yang besar dan bersifat area, tapi sangat mudh dihindari oleh musuh. Apalagi jika di tim musuh banyak hero-hero lincah seperti Gusion dan Hayabusa, maka akan sulit untuk mengenai mereka.

Gerakannya Lambat: Selain semua skillnya mudah dihindari, Valir juga memiliki pergerakan yang sangat lambat. Dengan begitu, dia akan sedikit lama untuk roam dari satu lane ke lane yang lain. Dia akan sering terkena ciduk oleh tim musuh, meskipun dia memiliki skill immune.

Sangat Bergantung pada Tim: hero ini juga sangat bergantung pada tim, dimana ia harus di-backup oleh hero tanker atau fighter. Usahakan untuk tidak push lane sendirian karena akan sangat mudah bagi musuh untuk menciduknya.


Cara Counter Valir

Gunakan Hero Lincah: seperti sudah kami singgung sebelumnya bahwa Valir memiliki pergerakan yang lambat dan tidak memiliki skill kabur yang memadai. Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk melawan hero ini adalah hero-hero lincah seperti Gusion, Harley, Lancelot, Natalia, dan Hayabusa. Akan tetapi sebelum menyerangnya, pastikan Valir telah menggunakan skill ultimate dan skill 2.

Perbanyak Hero CC: seperti kita tahu kalau Valir memiliki skill yang akan membuatnya bisa kebal terhadap semua efek crowd control musuh. Dengan begitu, kita setidaknya harus memiliki 2 hero CC di tim untuk membunuhnya.

Perbanyak item Magical Defense: untuk kalian user tanker, usahakan untuk membeli item magical defense seperti Athena’s Shield atau Oracle. Sebab magic damage dari Valir ini benar-benar mengerikan. Kalian bisa mengkombinasikannya dengan item Antique Cuirass atau Wings of the Apocalypse Queen.


Cara Bermain Valir Mobile Legends

1. Maksimalkan Skill 1

Setelah revamp, skill ultimate Valir tidak lagi memberikan burst damage yang tinggi. Oleh sebab itu skill 1 merupakan skill utama karena bisa memberikan damage yang sangat besar. Cooldown dari skill ini akan di-reset ketika mengenai musuh. Skill ini juga akan menghasilkan 2 stack secara sekaligus.

Usahakan untuk menyimpan skill ini ketika clear lane karena cooldown tidak akan reset kalau hanya last hit pada minion. Simpan dan gunakan untuk war atau duel supaya damage dari skill ini tetap terjaga. Usahakan skill ini mengenai musuh supaya kinerja dari skill pasif bisa bekerja secara maksimal.

2. Lihat Kondisi ketika Pakai Skill 2

Valir termasuk hero yang wajib spam skill supaya potensinya bisa keluar. Tapi kalian harus tetap memperhitungkannya, terutama untuk skill keduanya karena memiliki mekanisme yang cukup tricky. Mekanisme efek knock back ini memiliki beragam fungsi. Pertama untuk kabur ketika musuh mengejar, kedua untuk mematikan langkah musuh ketika teamfight.

Skill 2 ini bisa membuat kalian bertahan dengan lebih mudah, apalagi jika dikombinasikan dengan spell Sprint atau Flicker. Dengan begitu musuh akan kesulitan untuk mengejar. Akan tetapi skill ini harus kalian perthitungkan ketika teamfight. Sebab efek knock back akan membuat musuh keluar dari area teamfight. Skill ini bisa-bisa bisa membuat musuh lolos karena terlempar ke belakang.

3. Spam Skill Ultimate

Selain akan memberikan buff pada skill 1 dan 2, skill ultimate Valir ini juga akan memberikan efek lain yakni buff movement speed. Selain itu, Valir juga akan memiliki efek debuff yang akan membebaskan dirinya dari efek crowd control.

Sekarang skill ini memiliki cooldown yang relative singkat, oleh sebab itu kalian bisa lebih leluasa untuk spam. Tapi kalian harus tetap perhitungan, terutama ketika terjadi teamfight. Sebaiknya simpan skill ini untuk teamfight dan pastikan skill 1 dan 2 tidak sedang cooldown supaya kombonya bisa berjalan dengan efektif.

4. Wajib Ikut War

Meskipun skill ultimate-nya sangat mendukung mobilitas dan survivability dalam pertarungan, tapi tetap saja kita tidak bisa bermain seorang diri. Kita tetap butuh teman setim untuk memenangkan permainan. Semua skill Valir sangat menunjang untuk kerja sama tim. Efek stun dan damage-nya berperan penting untuk kemenangan tim.

5. Jangan Laning Sendirian

Meskipun telah direvamp, kita harus tetap waspada ketika menggunakan Valir. Sebab dia tetap memiliki kelemahan seperti hero mage pada umumnya, yakni crowd control. Skill ultimate-nya memang akan membuatnya bisa immune terhadap CC, tapi banyak penggunanya yang nekat laning sendirian.

Kalian harus tetap bermain waspada karena tidak menutup kemungkinan musuh akan melakukan ganking pada kalian. Apalagi musuh memiliki komposisi hero-hero crowd control seperti Kaja dan Chou. Untuk itu usahakan untuk laning bersama rekan setim, terutama tanker.

Itulah tutorial kali ini tentang hero Valir Mobile Legends Bang Bang. Kalian jangan terpaku pada build item yang telah kami jelaskan di atas ya gengs. Sebaiknya kalian bereksperimen sendiri dan sesuaikan dengan gameplay kalian masing-masing.


Leave a Reply

Your email address will not be published.