Saat ini banyak pengguna iPhone yang mengalami masalah tidak dapat memakai provider Indonesia karena IMEI terblokir. Pasalnya mereka membeli iPhone inter dan tidak membelinya di toko resmi Apple seperti iBox. Selain itu banyak dari mereka yang tidak tahu ciri ciri iPhone iBox itu seperti apa.
Membeli iPhone adalah langkah yang tepat karena ada banyak benefit yang kamu dapatkan. Selain mendapatkan iPhone original, kamu tak perlu khawatir dengan masalah IMEI. Jadi kamu bebas menggunakan semua operator di Indonesia.
Cara membedakan iPhone iBox dan inter
iPhone inter tentu saja berbeda dengan iPhone yang dibeli di iBox. Lau Bagaimana cara mengetahui iPhone iBox? Simak ciri ciri iPhone iBox dan inter di bawah ini.
1. Kartu Garansi
Ciri iPhone iBox yang pertama adalah adanya kartu garansi. Kamu akan mendapatkan secara langsung kartu garansi ini setelah beli iPhone di iBox. Kartu garansi ini dikeluarkan secara legal oleh iBox dan berlaku hingga kurun waktu satu tahun.
Kamu juga bisa memastikan kembali jangka waktu garansi tersebut secara langsung di gerai iBox. Atau kamu juga bisa memastikannya di dalam kemasan. Contoh kartu garansinya kurang lebih seperti ini.
2. Green Peel iPhone
Ketika beli iPhone di toko resmi iPhone di Indonesia seperti iBox, pada plastik pembungkus boksnya akan ada tanda hijau seperti gambar di bawah. Tanda hijau itu disebut dengan green peel iPhone.
Green peel ini menjadi tanda kalau kamu bisa unboxing plastik lentur pembungkus dus iPhone tersebut.
Namun perlu diperhatikan bahwa tanda green peel ini hanya ada pada iPhone 7 ke atas. iPhone seri 6s ke bawah tidak memiliki green peel.
Baca juga: Greenpeel iPhone Maksudnya Apa?
3. Kode Region Indonesia
Ciri iPhone garansi resmi iBox bisa dilihat dari kode regionnya. iBox sebagai Apple Authorized Reseller Indonesia sudah pasti menjual iPhone khusus untuk negara Indonesia. Maka kode regionnya juga harus Indonesia.
Pada kemasan iPhone akan terdapat kode yang diakhiri dengan tulisan PA/A, misalnya MNQM2PA/A. Kode terakhir tersebut menunjukkan bahwa iPhone tersebut khusus untuk pasar Indonesia. Selain PA/A, kode lain seperti ID/A dan FE/A juga khusus untuk pasar Indonesia.
Selain di kemasan, kode ini bisa kamu cek langsung di dalam pengaturan iPhone.
4. iPhone Belum Pernah Diaktifkan
Ketika beli secara resmi di iBox pastinya iPhone tersebut masih belum diaktifkan. iPhone masih tersegel dengan aman. iPhone tersebut belum pernah diaktifkan oleh pihak iBox sejak keluar dari pabrik.
Ketika iPhone diaktifkan, secara otomatis garansinya akan berjalan saat itu juga. Jadi sebelum membuka segel plastiknya, pastikan terlebih dahulu bahwa iPhone tersebut memang benar-benar baru sejak keluar dari pabriknya.
Kamu perlu waspada meskipun membeli iPhone di iBox. Karena bisa saja ada seseorang yang nakal menjual iPhone rekondisi dan menjualnya kembali dengan kemasan rapi seperti baru.
Bagaimana supaya kita benar-benar tidak bisa dibohongi?
Kamu bisa buka situs halaman ini: https://checkcoverage.apple.com/id/in/ di laptop atau ponsel. Setelah itu masukkan nomor IMEI yang tertera pada boks iPhone. Pastikan terdapat tulisan “Aktifkan iPhone Anda”.
Jika ada tulisan tersebut, berarti iPhone tersebut belum pernah diaktifkan. Garansinya juga belum berjalan sebelum kamu mengaktifkannya.
Apa itu Garansi iBox?
Garansi iBox adalah garansi resmi yang diberikan oleh iBox sebagai distributor resmi produk Apple di Indonesia. Garansi ini berlaku untuk semua produk Apple, termasuk juga iPhone.
Dengan memiliki garansi iBox ini, kamu akan mendapatkan jaminan kualitas dan layanan after sales terbaik. Saat akan klaim garansi tersebut, pastikan kartu garansinya masih ada.
Garansi iBox Apa Saja?
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari laman resmi ibox.co.id, berikut adalah cakupan garansi yang perlu kamu ketahui[1].
- Garansi resmi mencakup jasa perbaikan dan suku cadang yang diatur oleh ketentuan Apple.
- Garansi hanya berlaku di Indonesia.
- Semua biaya yang timbul dan tidak dapat dalam kebijakan garansi, maka biaya akan ditanggung oleh konsumen.
Baca juga: Syarat Klaim Garansi iBox dan Cara Klaimnya
Bagaimana jika garansi iBox habis?
Bagaimana jika garansi iPhone habis? Saat garansi iBox habis, pelanggan akan dikenakan biaya saat memperbaiki perangkat. Tapi jika ingin mendapatkan perlindungan lebih, kamu bisa membeli layanan Apple Care Protection Plan.
Apple Protection Care adalah layanan untuk menambah perpanjangan garansi yang mencakup insiden tak terbatas yang disebabkan oleh kerusakan. Layanan ini bisa dipakai untuk memperoleh komponen pengganti maupun yang lainnya[2].
Dari penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu kan ciri ciri iPhone garansi iBox itu seperti apa? Sangat mudah untuk mengenali ciri iPhone garansi resmi iBox. Semoga bermanfaat.
Referensi: