Garansi tidak hanya diperoleh dari brand atau merek perangkat terkait saja, tapi juga penyedia atau penjual. Mereka memberikan garansi tambahan demi memberikan kenyamanan konsumennya.
Misalnya, saat membeli iPhone di gerai atau official store iBox, kamu tidak hanya akan mendapatkan garansi dari Apple. Kamu juga akan mendapatkan garansi dari iBox penjualnya.
Selanjutnya, banyak pengguna yang kebingungan dengan iPhone bergaransi TAM dan iBox. Sebenarnya garansi TAM dan iBox apakah sama atau berbeda? Supaya tidak bingung, simak artikel ini sampai selesai.
Garansi Apple
Sebelum lanjut ke pembahasan garansi TAM dan iBox, kamu harus tahu dulu garansi yang diberikan oleh Apple. Garansi Apple disebut dengan Apple Limited Warranty yang dapat melindungi produk selama 1 tahun sejak tanggal pembelian.
Garansi Apple ini mencakup service untuk kerusakan baterai, aksesoris yang disertakan dalam boks, dan masalah lain yang disebabkan oleh cacat produksi.
Apple juga menawarkan perpanjangan garansi seperti AppleCare+. Garansi perpanjangan ini akan memberikan perlindungan hingga bertahun-tahun. Layanan ini bahkan dapat melindungi kerusakan yang tidak disengaja sekalipun oleh pengguna.
iPhone Garansi TAM vs iBox
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari laman resmi Erajaya, Teletama Artha Mandiri (TAM) dan iBox adalah penyedia resmi produk-produk Apple. Keduanya merupakan Apple Authorised Service Providers yang ada di Indonesia.
iBox maupun TAM menjual berbagai produk Apple seperti iPhone, iPad, MacBook, dan aksesoris Apple lainnya. Keduanya juga menawarkan layanan perbaikan untuk produk Apple dengan diagnosis kerusakan, update software, dan dukungan teknis secara gratis.
Perbedaan iPhone garansi TAM dan iBox terletak pada durasinya. Garansi TAM melindungi produk selama 2 tahun sejak tanggal pembelian. Sedangkan garansi iBox hanya melindungi produk selama 1 tahun sejak tanggal pembelian.
Apakah TAM garansi resmi iPhone? TAM bukan garansi iPhone, tapi garansi dari penjual atau distributor resmi Apple. TAM maupun iBox adalah garansi garansi tambahan dari Apple Limited Warranty.
Kode iPhone Garansi TAM
Kode iPhone resmi Indonesia yang diimpor oleh TAM atau iBox adalah PA/A. Kode negara iPhone yang lainnya adalah SA/A yang berasal dari GDN (perusahaan di bawah BliBli) dan ID/A dari Digimap.
Baca juga: iPhone GDN Apakah Aman? Simak Disini
Cara Klaim Garansi TAM iPhone
iPhone garansi TAM bisa klaim di iBox, jadi cara klaim garansi TAM sama dengan cara klaim garansi iPhone iBox. Kamu bisa melakukan klaim garansi di gerai iBox terdekat dari lokasi kamu sekarang.
Saat akan melakukan klaim garansi, pastikan invoice atau faktur pembelian masih ada. Kemudian pastikan juga bahwa kartu garansi iPhone yang akan kamu klaim masih ada.
Dari penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu kan apa beda garansi TAM dan iBox? Jadi, garansi TAM vs iBox sama saja karena keduanya berada dibawah perusahaan yang sama. Oleh sebab itu kamu juga bisa klaim garansi TAM di iBox dengan mudah.