fbpx About Us TeknoGeng

IPS Vs AMOLED, Jenis Layar Mana yang Bagus untuk Smartphone?

IPS Vs AMOLED, Jenis Layar Mana yang Bagus untuk Smartphone?

TeknoGeng.id | Teknologi – Salah satu parameter yang sebagian orang lihat ketika akan membeli HP atau smartphone adalah jenis layar sentuh yang digunakannya. Berbeda dengan dulu yang menggunakan keypad, sekarang sudah zamannya HP yang menggunakan teknologi layar sentuh. Hal ini tentu saja sangat efektif dan efisien karena akan membuat layar HP menjadi lebih luas.

Layar sentuh merupakan layar yang menggunakan teknologi sensor sentuhan. Biasanya sensor ini disimpan secara berlapis di atas tampilan visual sebagai sistem untuk mengolah informasi.

Saat ini sudah banyak ragam jenis layar sentuh atau touchscreen yang digunakan pada smartphone. Setiap jenis layar sentuh ini tentu saja memiliki perbedaan dan kunggulannya masing-masing. Salah satu jenis layar yang saat ini sering digunakan oleh sebagian besar vendor smartphone adalah IPS LCD dan AMOLED.

Kedua jenis teknologi layar sentuh itu biasanya disematkan pada smartphone kelas menengah ke atas atau flagship. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan apa perbedaan dari kedua teknologi layar sentuh tersebut. Mana yang lebih bagus? IPS atau AMOLED.

layar ips dan amoled
Layar IPS vs AMOLED. Gambar: YouTube/Jimmy a Geek

Nah di artikel kali ini, TeknoGeng akan sedikit mengulas tentang perbedaan dari jenis layar sentuh IPS LCD dan AMOLED. Disini kami meninjau dari beberapa sektor. Yuk kita simak ulasannya di bawah.

1. Kejernihan Layar dan Warna

Sektor pertama yang menjadi perbedaan antara jenis layar IPS dan AMOLED adalah kejernihan dan ketajaman warnanya. Kalau kita bandingkan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tipe layar IPS bisa menghasilkan warna yang jauh lebih natural. Tipe layar ini akan menghasilkan warna yang baik, bahkan bisa mendekati aslinya. Tapi kelemahannya terletak pada kontrasnya. Hal ini terlihat ketika kita menggunakan smartphone dengan jenis layar IPS di bawah sinar matahari. Menurut kami, kontras dari tipe layar ini tidak begitu bagus.

Berbanding terbalik dengan jenis layar AMOLED dimana kualitas kontras yang dihasilkannya jauh lebih tajam dari layar IPS. Misalnya ketika kita menggunakan wallpaper warna hitam, secara otomatis piksel pada layar akan dimatikan. Tapi, ketika wallpaper yang dihasilkan lebih banyak warna putih, seolah-olah warnanya seperti kekuningan. Inilah yang menjadi kekurangan dari layar AMOLED.

2. Ketahanan Layar

Sudah merupakan keharusan bagi produsen smartpohone untuk memikirkan bagaimana layar smartphone bisa bertahan terhadap potensi-potensi yang bisa merusak komponennya. Karena 99% kinerja smartphone berada pada layar. Dengan begitu layar harus bertahan, baik itu dari goresan, benturan, pukulan, dan bahaya lainnya.

Untuk sisi ketahanan layar, AMOLED memiliki keunggulan. Oleh sebab itu, smartphone yang menggunakan layar ini tidak diperlukan lagi pelindung layar tambahan. Hal ini berbeda dengan layar IPS yang harus menggunakan pelindung layar tambahan.

3. Penggunaan Baterai

Salah satu aspek yang berpengaruh pada smartphone adalah baterai. Sebagian besar vendor smartphone harus berpikir keras bagaimana baterainya bisa awet meskipun menjalankan berbagai aplikasi. Ternyata salah satu faktor yang membuat baterai smartphone cepat habis adalah jenis layar yang digunakannya.

Jenis layar AMOLED ternyata memiliki kemampuan lebih irit ketimbang kemampuan baterai layar IPS. Penggunaan baterai pada layar AMOLED ini bahkan 10 kali lebih rendah dibandingkan jenis layar IPS.

4. Responsibilitas

Ketika menggunakan smartphone, hal yang sangat kita pertimbangkan adalah cepat atau tidaknya respon sentuhan layar atau responsive. Nah ternyata respon pada smartphone itu tidak hanya dipengaruhi oleh prosessor, RAM, taupun memori yang digunakan. Tapi kualitas layar juga berpengaruh pada kinerja smartphone.

Untuk sektor ini, layar AMOLED kembali unggul dari layar IPS. Tapi perbedaannya tidak terlalu signifikan, jadi kalian jangan terlalu mempermasalahkan resoponsif layar. Karena keduanya memiliki perbedaan yang sangat kecil.

5. Harga

Kedua jenis layar ini biasanya digunakan untuk layar smartphone flagship, tapi sekarang smartphone kelas menengah ke bawah juga banyak yang menggunakan jenis layar IPS. Ternyata kedua jenis layar ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan kalau ditinjau dari sisi harga.

Jenis layar AMOLED memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan layar IPS. Sebab bahan dasar untuk pembuatan layar AMOLED ini adalah katoda dan anoda. Makanya harganya lebih mahal dari layar IPS.

Pada dasarnya layar AMOLED dikembangkan oleh Samsung. Tapi smartphone iPhone lebih banyak menggunakan IPS. Meskipun iPhone termasuk smartphone kelas atas, tapi kenapa menggunakan layar IPS? Karena komponen lain dari smartphone ini jauh lebih tinggi dibandingkan jenis layar saja.

Kesimpulan

Dari uraian di atas bisa kita ambil kesimpulan ya bahwa layar AMOLED lebih unggul dibandingkan layar IPS. Tapi hal ini jangan menjadi acuan kalau kamu harus membeli HP yang menggunakan layar AMOLED. Kalian harus memperhitungkan komponen lainnya seperti  baterai, RAM, prosessor, dll. Dan yang lebih penting adalah budget yang kamu punya.

Saran dari kami, belilah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan bukan hanya untuk gaya-gayaan atau terlihat keren. Karena menggunakan smartphone yang sesuai kebutuhan akan menimbulkan kepuasan tersendiri. Semoga artikel ini bermanfaat gengs.